74.018 Orang Positif Corona, Ini Cara Cegah Penularan saat Keluar Rumah

Kompas.com - 12/07/2020, 08:28 WIB
Ilustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan. SHUTTERSTOCK/MARIDAVIlustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan.

KOMPAS.com - Pandemi virus corona Covid-19 masih belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Pada Sabtu (11/7/2020), Indonesia telah melaporkan adanya 74.018 kasus positif corona sejak 2 Maret 2020. Sebanyak 3.535 orang meninggal karena Covid-19 dan 34.719 orang dinyatakan sembuh. 

Terbaru, WHO menyatakan bahwa virus corona penyebab Covid-19 bisa menyebar melalui udara atau airborne.

Hal ini membuat kewaspadaan terhadap penyakit ini harus ditingkatkan. Masyarakat perlu menyadari bahwa pelaksanaan protokol kesehatan adalah hal penting untuk menurunkan risiko tertular Covid-19.

Namun, kesadaran masyarakat untuk tertib menerapkan protokol kesehatan dinilai masih perlu ditingkatkan, misalnya dalam hal memakai masker saat pergi keluar rumah.

Seperti diberitakan Kompas.com (11/7/2020) pentingnya memakai masker ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Yuri mengatakan, berdasarkan penelitian, penularan Covid-19 kebanyakan terjadi karena seseorang tidak mengenakan masker saat di luar rumah. 

Persiapan sebelum keluar rumah

Menurut dr. Giovanni van Empel MSc., dosen Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fak Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sebaiknya keluar rumah hanya dilakukan untuk alasan penting.

"Keluar hanya untuk alasan yang darurat seperti sakit dan membeli kebutuhan dasar. Pada kasus harus masuk kerja, maka prinsip pencegahannya dimulai saat keluar rumah," kata Giovanni saat dihubungi Kompas.com (11/7/2020).

Pencegahan yang dimaksud Giovanni bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Memakai masker (kain cukup), mengganti/mencucinya dengan sabun/deterjen secara berkala
  • Mencuci tangan ketika menyentuh berbagai alat publik (handrail, tiang bis), setelah turun.
  • Menjaga jarak (minimal 2 meter) ketika naik transportasi umum, jika tidak bisa usahakan cari waktu yang relatif tidak ramai
  • Tidak menyentuh wajah sebelum tangan betul-betul bersih

Baca juga: Update Virus Corona 12 Juli 2020: 12,8 Juta Orang Terinfeksi | Amitabh Bachchan Positif Covid-19

Sebelum memasuki rumah

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X