Avigan dan Daftar Obat yang Gagal Memberi Manfaat bagi Pasien Covid-19

Kompas.com - 11/07/2020, 18:50 WIB
Ilustrasi obat untuk virus corona, obat corona ShutterstockIlustrasi obat untuk virus corona, obat corona

KOMPAS.com - Ilmuwan dan para ahli masih terus berusaha menemukan obat yang efektif bagi pasien Covid-19. Namun sejauh ini hasilnya belum signifikan. 

Terbaru, pengujian obat Avigan yang dilakuan di Jepang disebut tidak mencapi hasil yang meyakinkan.

Fujita Health University, lembaga yang melakukan pengujian, menyebut bahwa tidak ada perbedaan signifikan secara statistik dari pasien yang mengonsumsi Avigan begitu dinyatakan sakit, dengan pasien yang mengonsumsi Avigan setelah menjalani perawatan lebih dulu.

Melansir The Mainichi (10/7/2020) Avigan, dikenal juga sebagai favipiravir, adalah sebuah obat yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical Co., anak usaha dari Fujifilm Holdings Corp.

Obat ini awalnya digadang-gadang sebagai obat yang ampuh bagi pasien Covid-19. Namun, hasil studi yang dilakukan terhadap 89 pasien di Jepang menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

"Ada kecenderungan menurunkan demam atau membasmi virus pada mereka yang diberi obat itu, tetapi hasilnya tidak signifikan," kata Yohei Doi, seorang profesor di Fujita Health University, dalam sebuah konferensi pers online.

Hasil studi Avigan

Dalam studi tersebut, 89 pasien yang terinfeksi dengan gejala ringan atau tanpa gejala di 47 fasilitas di seluruh Jepang mengambil bagian.

Namun, satu pasien memutuskan untuk menarik diri di tengah studi, sehingga 88 pasien yang tersisa dibagi menjadi dua kelompok.

Satu kelompok diberikan Avigan dari hari pertama penelitian dan yang lain mulai menerima Avigan pada hari keenam.

Para peneliti kemudian membandingkan kedua kelompok tersebut, kriteria yang dilihat antara lain lama waktu virus corona menghilang dari tubuh mereka serta periode waktu yang dibutuhkan untuk meredakan demam.

Baca juga: Jokowi Pesan Obat Virus Corona, Ini Profil Fujifilm Toyama Produsen Avigan

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X