Fokus Tangani Covid-19, Sejumlah Negara Hadapi Wabah Berbagai Penyakit

Kompas.com - 16/06/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi campak, penyakit campak ShutterstockIlustrasi campak, penyakit campak

KOMPAS.com - Ketika negara-negara miskin di seluruh dunia berjuang mati-matian untuk mengalahkan virus corona, tanpa disadari muncul berbagai penyakit lain yang mengakibatkan kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF memperingatkan bahwa pandemi virus corona dapat menyebar dengan cepat ketika anak-anak sedang berkumpul untuk imunisasi.

Melansir New York Times, Selasa (16/6/2020), banyak negara akhirnya menunda program imunisasi mereka.

Selain itu, penerbangan kargo untuk memasok vaksin juga terhenti karena pandemi dan banyak petugas kesehatan saat ini sedang dialihkan untuk memerangi Covid-19.

Muncul wabah penyakit lain

wabah-wabah penyakit lain kini bermunculan di sejumlah negara seperti penyakit difteri yang muncul di Pakistan, Bangladesh, dan Nepal.

Penyakit kolera menjangkiti Sudan Selatan, Kamerun, Mozambik, Yaman, dan Bangladesh.

Mutasi virus polio juga dilaporkan muncul di lebih dari 30 negara.

Sementara itu, penyakit campak juga menyebar di seluruh dunia termasuk di Bangladesh, Brasil, Kamboja, Republik Afrika Tengah, Irak, Kazakhstan, Nepal, Nigeria dan Uzbekistan.

Dari 29 negara yang saat ini menunda imunisasi campak karena pandemi, 18 negara melaporkan terjadinya wabah.

Menurut Measles and Rubella Initiative, 178 juta orang berisiko tidak menerima imunisasi campak pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X