Tanya Jawab Protokol Kesehatan KA Reguler di Era New Normal

Kompas.com - 14/06/2020, 15:31 WIB
Petugas berjalan di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas berjalan di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19.

KOMPAS.com - KA Jarak Jauh dan KA Lokal Reguler telah mulai dioperasikan kembali sejak Jumat (12/6/2020).

Adapun pengoperasian kembali KA Reguler ini dilakukan dengan sejumlah protokol pencegahan Covid-19 yang ketat.

Adapun pengoperasian kembali kereta api reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Serta berdasarkan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Namun demikian, sejumlah pertanyaan masih disampaikan oleh masyarakat umum sehubungan dengan pengoperasian kembali KA Reguler ini.

Berikut adalah rangkuman dari pertanyaan yang masih banyak ditanyakan beserta dengan jawabannya terkait protokol kesehatan saat menaiki kereta api reguler di era new normal atau normal baru:

Apakah saya harus rapid test atau PCR sebelum naik kereta?

Lampiran hasil negatif PCR atau non reaktif rapid test saat ini hanya diwajibkan bagi penumpang kereta api jarak jauh. Adapun penumpang kereta api lokal tidak diwajibkan.

Perlu diperhatikan persyaratan dari jenis KA yang hendak digunakan. Untuk melihat kategori kereta jarak jauh atau normal dan update KA Reguler yang beroperasi, Anda dapat mengecek di tautan: KA Reguler New Normal.

Jika di daerah saya tidak terdapat fasilitas rapid test bagaimana?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X