Bisakah Menggunakan Ponsel Terlalu Lama Mengakibatkan Tremor pada Tangan?

Kompas.com - 07/06/2020, 18:21 WIB
Ilustrasi kecanduan ponsel THINKSTOCKSPHOTO/MYELLAIlustrasi kecanduan ponsel

KOMPAS.com - Ponsel merupakan salah satu benda elektronik yang tak bisa dipisahkan dari keseharian hampir semua orang.

Berapa jam Anda memegang ponsel dalam sehari? 12 jam, atau bahkan lebih?

Di media sosial, sejumlah warganet mengeluhkan mengalami tangannya bergetar, mereka sebut tremor, dan menduga karena terlalu banyak menggunakan ponsel.

Sejumlah warganet mengeluhkan mengalami tremor pada tangan, menduganya karena terlalu banyak menggunakan ponsel. Benarkah demikian?Twitter Sejumlah warganet mengeluhkan mengalami tremor pada tangan, menduganya karena terlalu banyak menggunakan ponsel. Benarkah demikian?
Benarkah terlalu lama menggunakan ponsel bisa menyebabkan tremor pada tangan? 

Dokter spesialis bedah saraf dari Kortex Indonesia, dr Gigih Pramono, SpBS, mengatakan, penggunaan ponsel terlalu lama memang dapat menyebabkan tremor pada tangan.

Ia menyebutkan, hal itu merupakan salah satu faktor luar otak penyebab munculnya tremor.

"Tremor itu penyebabnya macam-macam. Kita bedakan menjadi dua hal yakni kita sebut terjadi di dalam otak dan di luar otak. Untuk di luar otak misalnya tangan dipakai bekerja terus menerus, itu bisa menimbulkan tremor pada tangan," ujar Gigih saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Sementara itu, lanjut dia, jika tremor muncul karena penyebab di dalam otak, artinya ada degeneratif fungsi otak atau penuaan fungsi otak, seperti parkinson atau alzheimer.

Menurut Gigih, orang dengan parkinson atau alzheimer menyebabkan kurangnya kemampuan koordinasi sehingga menimbulkan tremor.

Baca juga: 7 Tanda Kerusakan Saraf

Keterkaitan tremor dengan penggunaan ponsel

Ilustrasi handphone.Shanghaiist Ilustrasi handphone.
Selain itu, Gigih mengatakan, jika tremor dikaitkan dengan penggunaan ponsel, maka harus menghubungkan pada dua faktor yang berpengaruh dari dalam otak atau di luar otak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X