Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bisakah Menggunakan Ponsel Terlalu Lama Mengakibatkan Tremor pada Tangan?

KOMPAS.com - Ponsel merupakan salah satu benda elektronik yang tak bisa dipisahkan dari keseharian hampir semua orang.

Berapa jam Anda memegang ponsel dalam sehari? 12 jam, atau bahkan lebih?

Di media sosial, sejumlah warganet mengeluhkan mengalami tangannya bergetar, mereka sebut tremor, dan menduga karena terlalu banyak menggunakan ponsel.

Dokter spesialis bedah saraf dari Kortex Indonesia, dr Gigih Pramono, SpBS, mengatakan, penggunaan ponsel terlalu lama memang dapat menyebabkan tremor pada tangan.

Ia menyebutkan, hal itu merupakan salah satu faktor luar otak penyebab munculnya tremor.

"Tremor itu penyebabnya macam-macam. Kita bedakan menjadi dua hal yakni kita sebut terjadi di dalam otak dan di luar otak. Untuk di luar otak misalnya tangan dipakai bekerja terus menerus, itu bisa menimbulkan tremor pada tangan," ujar Gigih saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Sementara itu, lanjut dia, jika tremor muncul karena penyebab di dalam otak, artinya ada degeneratif fungsi otak atau penuaan fungsi otak, seperti parkinson atau alzheimer.

Menurut Gigih, orang dengan parkinson atau alzheimer menyebabkan kurangnya kemampuan koordinasi sehingga menimbulkan tremor.

"Kalau di luar otak kemungkinan posisi yang tidak benar ketika menelepon atau jari yang digunakan bekerja terus menggunakan ponsel, itu bisa jadi tremor," ujar dokter yang juga bekerja di RS Manyar Medical Centre (MMC) Surabaya, Jawa Timur, ini.

Gigih menyebutkan, karena jari atau tangan yang bekerja terus menerus ini menyebabkan kelelahan atau fatigue hingga akhirnya tremor.

Namun, ada juga dugaan radiasi yang dipancarkan dari ponsel yang menyebabkan tremor yang dipengaruhi oleh bagian dalam otak.

"Ada juga dugaan radiasi. Ini belum pasti, karena dugaan adanya radiasi dari ponsel ke otak. Maka, bisa terjadi beberapa hal misalnya keganasan pada otak, misalnya kanker dan degenarisasi fungsi otak," ujar Gigih.

"Tapi kita tidak bisa mengatakan ke orang bahwa jangan pakai ponsel kelamaan nanti jadi kanker," lanjut dia.

Ia mengingatkan agar jangan berada dalam posisi menunduk dalam waktu lama.

Posisi ini menyebabkan struktur tulang belakang menjadi berubah bentuk sehingga mengakibatkan pusing karena ada tarikan otot atau rasa berat di leher, bahu atau di tulang belikat.

Hal ini, kata dia, bisa mengakibatkan tremor. 

Gigih menjelaskan, jika tremor terjadi karena parkinson (faktor di dalam otak), maka berimbas pada efek yang tidak baik bagi kesehatan.

Posisi menggunakan ponsel secara terus-menerus dan dalam waktu lama, dan mengabaikan saran pencegahan akan menimbulkan dampak.

"Kalau dia pada posisi sama dan terus-menerus menggunakan ponsel, ya jadi tidak bagus bentuknya dalam waktu lama, justru akan menambah gejalanya," ujar Gigih.

Tak hanya itu, jika Anda mengalami tremor pada tangan atau keluhan yang mirip, sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, misal MRI kepala.

Tindakan ini dilakukan guna mengetahui penyebab tremor tersebut.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/182109665/bisakah-menggunakan-ponsel-terlalu-lama-mengakibatkan-tremor-pada-tangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke