Spanyol Kibarkan Bendera Setengah Tiang Selama 10 Hari untuk Hormati Korban Virus Corona

Kompas.com - 27/05/2020, 18:51 WIB
Orang-orang memadati kafe teras Chiringuito (bar pantai) di pantai Barceloneta, untuk merayakan pencabutan lockdown fase satu, di Barcelona, Spanyol, 25 Mei 2020. REUTERS/NACHO DOCEOrang-orang memadati kafe teras Chiringuito (bar pantai) di pantai Barceloneta, untuk merayakan pencabutan lockdown fase satu, di Barcelona, Spanyol, 25 Mei 2020.

KOMPAS.com -  Spanyol telah memulai 10 hari masa berkabung secara resmi untuk puluhan ribu korban pandemi virus corona di negaranya.

Mulai Rabu (27/5/2020), seluruh bendera di lebih dari 14.000 bangunan publik di seluruh negara dan kapal angkatan laut Spanyol akan diturunkan menjadi setengah tiang.

Pengibaran bendera setengah tiang ini akan dilakukan hingga 5 Juni mendatang sebagai penghormatan kepada lebih dari 27.000 orang yang telah kehilangan nyawanya akibat pandemi virus corona.

Mengutip Al Jazeera, Rabu (27/5/2020), menurut Juru Bicara Pemerintah, Maria Jesus Montero, masa berkabung ini juga mencakup upacara peringatan yang dipimpin oleh Kepala Negara Spanyol, Raja Felipe VI.

"Para korban adalah laki-laki dan perempuan yang hidupnya tiba-tiba direnggut, meninggalkan teman dan keluarga dalam kesedihan mendalam, baik karena kehilangan tiba-tiba atau kondisi sulit yang terjadi," kata Maria.

Baca juga: Turis Asing Bisa Berkunjung ke Spanyol Mulai Juli 2020, Siapa Saja?

Lockdown sejak 14 Maret

Sebelumnya, Spanyol memberlakukan kebijakan penguncian (lockdown) pertama kali pada 14 Maret lalu.

Negara ini menjadi salah satu negara yang sangat terpukul oleh menyebarnya pandemi.

Spanyol masuk ke dalam lima negara dengan jumlah kasus dan kematian terbanyak yang dikonfirmasi.

Tidak hanya masyarakat umum, tenaga kesehatan Spanyol juga terdampak serius oleh virus, dengan lebih dari 20 persen turut terinfeksi.

Baca juga: New Normal Spanyol, Madrid dan Barcelona Bergembira Bersama Rayakan Akhir Lockdown

Pelonggaran pembatasan

Sejauh ini, pemerintah Spanyol telah memperbarui status kedaruratan negara akibat pandemi corona sebanyak empat kali. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X