Kisah McDonald's di Indonesia dan Gurita Bisnis Produsen Teh Botol Sosro

Kompas.com - 12/05/2020, 13:04 WIB
McDonalds Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat Twitter/@duwiryMcDonalds Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat

KOMPAS.com - Di Indonesia, kabar soal penutupan McDonald's di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, mulai 10 Mei 2020 menyita perhatian publik.

Sebab, gerai tersebut telah beroperasi selama 30 tahun dan menjadi tonggak sejarah McDonald's masuk ke Indonesia.

Manajemen Gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

"Kami menyadari restoran McDonald's di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami, namun juga bagi konsumen kami," ujar Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald's Indonesia Michael Hartono dalam siaran persnya.

Lantas, siapa di balik McDonald's Indonesia?

Baca juga: McD Sarinah, Mengapa Kita Begitu Emosional Melepas Kenangan hingga Mengambil Risiko?

Cerita McDonald's di Indonesia

McDonald's pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991. 

Melansir Kontan, Jumat (8/5/2020), pada 2009, McDonald's sempat harus hengkang dari Sarinah, tetapi kembali lagi pada 2011 melalui proses tender.

PT Rekso Nasional Food (RNF), anak usaha dari Rekso Group, menjadi nama di balik kesuksesan restoran waralaba ini di Indonesia.

Situs resmi McDonald's Indonesia mencatat, pada 2009, RNF menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan merek McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Baca juga: McDonalds, Pionir Bisnis Makanan Cepat Saji yang Didirikan McDonald Bersaudara

Hingga saat ini, RNF telah membuka lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. RNF merupakan salah satu dari anak usaha Grup Rekso.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X