Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah McDonald's di Indonesia dan Gurita Bisnis Produsen Teh Botol Sosro

Kompas.com - 12/05/2020, 13:04 WIB
Virdita Rizki Ratriani

Penulis

KOMPAS.com - Di Indonesia, kabar soal penutupan McDonald's di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, mulai 10 Mei 2020 menyita perhatian publik.

Sebab, gerai tersebut telah beroperasi selama 30 tahun dan menjadi tonggak sejarah McDonald's masuk ke Indonesia.

Manajemen Gedung Sarinah akan melakukan renovasi dan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

"Kami menyadari restoran McDonald's di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah, tidak hanya bagi kami, namun juga bagi konsumen kami," ujar Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald's Indonesia Michael Hartono dalam siaran persnya.

Lantas, siapa di balik McDonald's Indonesia?

Baca juga: McD Sarinah, Mengapa Kita Begitu Emosional Melepas Kenangan hingga Mengambil Risiko?

Cerita McDonald's di Indonesia

McDonald's pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991. 

Melansir Kontan, Jumat (8/5/2020), pada 2009, McDonald's sempat harus hengkang dari Sarinah, tetapi kembali lagi pada 2011 melalui proses tender.

PT Rekso Nasional Food (RNF), anak usaha dari Rekso Group, menjadi nama di balik kesuksesan restoran waralaba ini di Indonesia.

Situs resmi McDonald's Indonesia mencatat, pada 2009, RNF menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan merek McDonald's dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Baca juga: McDonalds, Pionir Bisnis Makanan Cepat Saji yang Didirikan McDonald Bersaudara

Hingga saat ini, RNF telah membuka lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. RNF merupakan salah satu dari anak usaha Grup Rekso.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, selain RNF, anak usaha lainnya yakni PT Sinar Sosro (Sosro), PT Gunung Slamat (produsen Teh Cap Botol), serta beberapa anak usaha di bidang properti dan kemasan.

Adapun Rekso International, divisi di dalam Grup Rekso, bertanggung jawab untuk urusan pemasaran dan penjualan untuk pasar luar negeri.

PT Sinar Sosro merupakan produsen minuman Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Country Choice, air Mineral Prim-a, Step, dan TEBS.

Baca juga: Usai Ditutup Permanen, Begini Kondisi McD Sarinah Thamrin

Produk dari PT Sinar Sosro pun menjadi salah satu menu yang ditawarkan di restoran McDonald's Indonesia, seperti varian Teh Botol Sosro ataupun Prim-a.

Mengutip Kontan, 9 Maret 2018, penjualan varian teh Sosro di gerai McDonald's cukup mendominasi. Performa ini di luar dari gerai Mc'Cafe yang menawarkan pilihan varian menu minuman lebih luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com