Analisis Gempa Laut Banda Magnitudo 6,9 hingga Sejarahnya

Kompas.com - 07/05/2020, 10:41 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com - Wilayah Laut Banda diguncang gempa tektonik bermagnitudo 7,3 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6,9 magnitudo, Rabu (6/5/2020) malam.

Episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 180 km arah barat laut Kota Saumlaki, Maluku, dengan kedalaman 97 kilometer.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan, kekuatan awal gempa Laut Banda dengan magnitudo 7,3 sebagai informasi cepat.

"Magnitudo informasi cepat ini diolah menggunakan jumlah data yang terbatas dalam waktu yang sangat singkat kurang dari 5 menit," kata Daryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/5/2020).

Biasanya, yang diolah paling awal, lanjut dia, merupakan data dari sensor yang paling cepat mencatat gempa dekat pusat gempa sehingga berpotensi menyumbang nilai magnitudo yang lebih besar.

Menurut Daryono, BKMG harus cepat dalam menginformasikan parameter gempa karena bertanggung jawab memberikan peringatan dini tsunami yang harus sesegera mungkin disampaikan kepada masyarakat pesisir.

"Banyak pantai kita lokasinya dekat dengan sumber gempa dengan ketersediaan waktu penyelamatan tsunami sangat singkat," ujar dia.

Baca juga: Gempa Maluku Tenggara Barat Dimutakhirkan M 6,9, Ini Penjelasannya

Sesar naik

Daryono menjelaskan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa terjadi akibat adanya penyesaran batuan pada bagian lempeng Banda di Zona Benioff.

Hiposenter gempa yang terjadi tadi malam cukup dalam.

"Sehingga, meskipun mekanisme sumbernya sesar naik (thrust fault), maka tidak berpotensi tsunami," kata dia.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X