Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat 225 WNI ABK Kapal Pesiar MSC Magnifica Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air...

Kompas.com - 26/04/2020, 12:24 WIB
Mela Arnani,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 225 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) MSC Magnifica berhasil dipulangkan ke Tanah Air, Sabtu (25/4/2020).

Seluruh ABK kembali ke Indonesia menggunakan pesawat charter khusus tujuan Marseille-Denpasar yang telah disediakan pihak kapal.

Pemulangan tersebut diklaim sebagai upaya perlindungan WNI terhadap pandemi Covid-19 atas koordinasi Konsulat Jenderal RI Marseille, Kedutaan Besar RI Paris, dan Kementerian Luar Negeri Perancis.

Baca juga: Update Virus Corona Global 26 April: 2,9 Juta Orang Terinfeksi, 834.410 Sembuh

Acting Konsul Jenderal RI di Marseille, Erie Noer Bawono mengatakan, kapal pesiar MSC Magnifica dijadwalkan merapat di pelabuhan Kota Marseille pada Senin, 20 April 2020 lalu.

Ia menambahkan, sejak Minggu, 12 April 2020, KJRI melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk memonitor kondisi seluruh WNI awak kapal pesiar dan memantau prosedur pemulangan.

Koordinasi dilakukan ke pihak kapal, principal perusahaan yang berlokasi di Swiss, otoritas pelabuhan Marseille, dan perusahaan penerbangan charter di Spanyol.

"Seluruh awak kapal sebelumnya telah melakukan self-isolation selama 40 hari untuk memastikan tidak ada penularan Covid-19," ujar Erie dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Pulau Sebaru, Pulau Tak Berpenghuni yang Jadi Lokasi Observasi WNI ABK World Dream

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com