Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Boeing 727 Tabrak Pegunungan, 53 Penumpang Tewas

Kompas.com - 19/04/2020, 12:00 WIB
kecelakaan pesawat kecelakaan pesawat

KOMPAS.com - Hari ini 22 tahun lalu, tepatnya 19 April 1998, Pesawat Boeing 727 menghantam pegunungan dan menewaskan 53 orang penumpangnya.

Dilansir AFP Selasa (21/4/1998), Pesawat Air France dengan nomor penerbangan 422 itu menghantam pegunungan di timur Bogota, ibu kota Kolombia, hanya beberapa saat setelah lepas landas.

Pesawat tersebut disewa oleh perusahaan Ekuador dan diterbangkan oleh kru Ekuador. Mereka sedang dalam perjalanan dari Perancis ke ibukota Ekuador, Quito.

Juru bicara penerbangan sipil Martin Gonzalez menyampaikan pesawat tersebut jatuh sekitar 150 kaki dari puncak gunung pada pukul 16.47 waktu setempat.

Seorang pengontrol pesawat mengatakan pesawat itu seharusnya berbelok 90 derajat ke kanan setelah lepas landas, tetapi justru keluar dari jalur. 

Baca juga: Boeing 737 Ukraina Jatuh, Berikut Deretan Kecelakaan Pesawat di Iran

Gagal berbelok

Tanpa peringatan apapun, pesawat itu gagal berbelok ke selatan dan justru mengarah ke puncak gunung bergerigi.

Kokpit tidak melaporkan adanya masalah dari pesawat tersebut. Polisi menemukan perekam penerbangan pesawat atau kotak hitam.

Pengendali tidak dapat melihat pesawat di radar ketika berangkat dan tidak juga dari radio pilot.

Satu-satunya transmisi suara dari pesawat adalah anggota kru yang memberikan identifikasi pesawat, "Air France 422."

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X