1,7 Juta Orang Terinfeksi Corona, Berikut Kabar Pengembangan Vaksin Covid-19 di Dunia

Kompas.com - 11/04/2020, 20:50 WIB
Ilustrasi proses pembuatan vaksin untuk corona baru shutterstock.comIlustrasi proses pembuatan vaksin untuk corona baru

KOMPAS.com - Saat ini dunia masih terus berperang melawan Covid-19. Semua negara memfokuskan perhatiannya untuk mencegah penyebaran serta menangani pandemi virus corona ini.

Tidak terkecuali bagi para ilmuwan yang hingga saat ini masih terus melakukan penelitian dan uji coba untuk menemukan vaksin bagi virus corona penyebab Covid-19.

Kabar dari Inggris, tepatnya dari Universitas Oxford, salah satu profesornya mengklaim bahwa vaksin untuk Covid-19 akan siap pada saat musim gugur nanti atau sekitar bulan September.

Universitas Oxford

Melansir The Independent (11/4/2020) adalah Sarah Gilbert, seorang profesor di bidang vaksinologi Universitas Oxford yang mengepalai tim riset untuk mengembangkan vaksin Covid-19.

Gilbert mengemukakan bahwa dia meyakini vaksin yang sedang dikembangkan oleh timnya akan sukses melindungi orang-orang dari infeksi virus corona tersebut.

"Saya pikir ada kesempatan cukup besar bahwa vaksin ini akan bekerja dengan baik, mengingat banyak hal yang telah kami lakukan pada proses pengembangannya. Ini bukan hanya dugaan, namun progres kami terus berjalan setiap pekan dan ada lebih banyak data yang bisa kami pelajari," kata Gilbert.

Baca juga: 7 Provinsi dengan Angka Kesembuhan Covid-19 Tertinggi di Indonesia

Memangkas waktu pengembangan

Kebanyakan pakar berpendapat bahwa vaksin untuk covid-19 paling tidak butuh waktu 18 bulan untuk dikembangkan dan didistribusikan ke seluruh dunia.

Namun, Gilbert ingin memangkas waktu pengembangan dengan melakukan uji klinis sesegera mungkin pada sukarelawan yang terinfeksi virus corona secara alami.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X