Bantu Hentikan Penyebaran Virus Corona, Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 03/04/2020, 06:40 WIB
Ilustrasi pasien virus corona dalam masa penyembuhan penyakit Covid-19. ShutterstockIlustrasi pasien virus corona dalam masa penyembuhan penyakit Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya menghentikan atau menekan laju penyebaran dan penularan virus corona membutuhkan kerja sama semua pihak, terutama masyarakat.

Masyarakat diimbau untuk mengikuti panduan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah terkait langkah pencegahan penularan virus corona.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mengingatkan, ada 5 hal yang bisa dilakukan semua warga untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona.

Apa saja 5 hal itu?

1. Cuci tangan

Ilustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan. SHUTTERSTOCK/MARIDAV Ilustrasi cuci tangan untuk tetap menjaga kebersihan.
Para ahli mengingatkan agar masyarakat rajin mencuci tangan. Mengapa? Penularan virus corona salah satunya karena menghirup langsung percikan batuk atau napas mereka yang terinfeksi.

Kita juga bisa tertular karena menyentuh permukaan benda yang di atasnya terdapat percikan (cairan) dari batuk orang yang terinfeksi atau membawa (carrier) virus corona.

Menurut sejumlah studi, virus corona bisa bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Oleh karena itu, sering mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dianggap sebagai langkah pencegahan yang penting.

Jika bepergian, bawalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen untuk membersihkan tangan Anda.

Dikutip dari covid19.go.id, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan soal cuci tangan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X