9 WNI Dilaporkan Positif Covid-19 di Spanyol, 2 Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 02/04/2020, 21:19 WIB
Petugas kebersihan bersiap membersihkan sebuah kompleks apartemen di mana seorang perempuan meninggal, dan sejumlah warga diketahui positif mengidap virus corona di Grado, Asturias, Spanyol, pada 20 Maret 2020. REUTERS/ELOY ALONSOPetugas kebersihan bersiap membersihkan sebuah kompleks apartemen di mana seorang perempuan meninggal, dan sejumlah warga diketahui positif mengidap virus corona di Grado, Asturias, Spanyol, pada 20 Maret 2020.

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona saat ini semakin merebak di seluruh dunia, terutama di Eropa.

Berdasarkan data real time dari situs Coronavirus COVID-19 Global Cases by CSSE at John Hopkins University, per Kamis (2/4/2020) dua negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus tertinggi yakni Italia dengan jumlah kasus 110.574 dan Spanyol sebanyak 110.238 kasus.

Dilansir dari Antara, 9 WNI terjangkit Covid-19 di Spanyol. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Hermono.

"Awalnya, ada 9 orang, tapi 2 orang sudah dinyatakan sembuh. Tidak semua yang sembilan itu sudah dites positif, tapi dokter menyimpulkan terinfeksi," ujar Hermono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Update Virus Corona: 5 Provinsi di Indonesia dengan Jumlah Pasien Sembuh Terbanyak

Ia mencontohkan, misalnya ada 1 keluarga yang terdiri dari lima orang, di mana satu anggota keluarga dites positif, maka yang lainnya dianggap terinfeksi juga.

Sementara itu, pihak yang dianggap terinfeksi tersebut diperlakukan dan diberikan obat yang sama dengan orang yang sudah dites positif mengidap virus corona.

"Saat ini ada 2 WNI di rumah sakit dan 7 menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan dokter," katanya lagi.

Setiap harinya, WNI tersebut terus dimonitor oleh dokter melalui telepon.

Hal ini dilakukan karena kapasitas rumah sakit sangat terbatas, terutama di Madrid.

Pasien yang dirawat di rumah sakit, imbuhnya hanya yang termasuk kelompok kritis saja. Sementara pasien yang lain diminta melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dokter.

Baca juga: Skenario Penggunaan Listrik Gratis untuk Pengguna Token dan Reguler

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X