Kompas.com - 22/03/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi vaksin ShutterstockIlustrasi vaksin

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tengah bekerja dengan para ilmuwan di seluruh dunia untuk mengembangkan setidaknya 20 vaksin virus corona yang berbeda.

Adapun beberapa vaksin dilaporkan sudah berada dalam tahap uji klinis dalam waktu yang terbilang singkat, yaitu 60 hari setelah pengurutan gen dilakukan.

"Akselerasi dari proses ini benar-benar dramatis, yaitu dalam hal apa yang kami lakukan, membangun pekerjaan yang dimulai dengan SARS, MERS, dan sekarang Covid-19," tutur pemimpin teknis untuk program kedaruratan WHO Dr Maria Van Kerkhove sebagaimana dikutip CNBC.

Upaya pengembangan vaksin

Sejumlah negara terus berpacu untuk mengembangkan vaksin dari virus corona baru ini.

Sekelompok ilmuwan di Kanada berhasil mengisolasi dan menumbuhkan salinan dari virus corona yang membantu mempelajari patogen untuk mengembangkan uji coba, pengobatan, ataupun vaksin yang lebih baik.

Begitu pula China, yang tengah mengembangkan sembilan vaksin potensial untuk virus corona ini.

Sementara, di Amerika Serikat, vaksin virus corona yang sedang dikembangkan telah mulai pada tahapan uji coba. 

Upaya pengembangan vaksin juga dilakukan oleh ilmuwan dari Israel. Vaksin disebut akan siap dalam beberapa minggu dan tersedia dalam 90 hari. 

Baca juga: Update Link Informasi Perkembangan Covid-19 di Wilayah Indonesia

Selain itu, perusahaan biotek seperti Arcturus Therapeutics juga tengah bekerja sama dengan Duke University dan National University of Singapore untuk mengembangkan vaksin. 

Meskipun begitu banyak upaya pengembangan vaksin yang tengah dilakukan, WHO mengingatkan bahwa ketersediaan vaksin untuk penggunaan publik masih memerlukan waktu yang panjang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X