Cerita dari KBRI Tokyo, Pasok Makanan untuk WNI yang Dikarantina di Kapal Diamond Princess...

Kompas.com - 14/02/2020, 18:21 WIB
Tangkapan layar foto makanan dan minuman kemasan yang tengah disortir oleh anak buah kapal Diamond Princess. Twitter: KBRI TokyoTangkapan layar foto makanan dan minuman kemasan yang tengah disortir oleh anak buah kapal Diamond Princess.

KOMPAS.com - Kedutaan Besar RI ( KBRI) Tokyo melalui akun Twitter-nya, @KBRITokyo mengunggah foto yang memperlihatkan beberapa orang tengah menyortir sejumlah makanan kemasan pada Jumat (14/2/2020).

Melalui narasi unggahan itu, tertulis bahwa makanan yang tengah disortir itu merupakan kiriman dari KBRI Tokyo untuk 78 warga negara Indonesia (WNI) yang sedang dikarantina di Yokohama di atas kapal Diamond Princess.

Puluhan WNI dikarantina setelah ditemukan sejumlah penumpang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Adapun makanan kemasan tersebut yang ditampilkan antara lain, makanan instan, obat masuk angin, minuman perasa buah, dan beberapa asupan lainnya.

Unggahan itu pun menjadi viral.

Hingga Jumat siang, foto yang menampilkan proses penyortiran ini telah di-retwit sebanyak 1.200 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 1.200 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: 44 Kasus Baru, 218 Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Virus Corona

Penjelasan KBRI Tokyo

Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Tokyo Eko Junor mengungkapkan, pihaknya saat itu menanyakan kepada penumpang Kapal Diamond Princess apa saja yang dibutuhkan.

Saat itu, tercatat sebanyak 218 penumpang kapal Diamond Princess dilaporkan terinfeksi virus corona berkode Covid-19 pada Kamis (13/2/2020).

Meski semua kebutuhan makan-minum dan telepon, hingga internet sudah disediakan oleh manajemen kapal, KBRI Tokyo tetap memantau kebutuhan penumpang terutama WNI.

"Mereka (penumpang) minta yang tidak disediakan, seperti minuman untuk pereda masuk angin dan vitamin. Akhirnya kita kirim yang di foto-foto itu," ujar Eko saat dikonfirmasi Kompas.com pada Jumat (14/2/2020).

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X