Obat Tradisional China Ini Diburu karena Diklaim Bisa Hambat Virus Corona

Kompas.com - 02/02/2020, 13:13 WIB
Obat herbal china Shuang Huang Lian screen shot Obat herbal china Shuang Huang Lian

KOMPAS.com – Institut Materia Medica (IMM) dan Institut Virologi Wuhan mengaku telah meneliti bahwa ramuan cair, Shuang Huang Lian (SHL) mampu untuk menghambat virus corona.

SHL sendiri merupakan obat herbal racikan yang populer dipakai sebagai obat untuk meredakan gejala seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Kantor berita yang dikelola pemerintah China, Xinhua sebagaimana dikutip dari CNN, Minggu (2/2/2020) melaporkan, munculnya kabar SHL yang diklaim mampu menekan virus corona memancing riuh media sosial China.

Mereka penasaran apakah pengobatan tradisional China tersebut bisa digunakan untuk membantu melawan penyebaran virus corona Wuhan.

Kabar itu meluas di tengah munculnya keraguan dari banyak ahli medis yang mempertanyakan bukti klinis, maupun kecurigaan bahwa ini hanya sekedar promosi produk herbal, tapi sejumlah masyarakat China tak mempedulikan hal itu.

Beberapa postingan di Weibo, Twitternya orang China, menunjukkan, orang-orang rela antre di malam hari hingga sampai berada di luar apotek seluruh China untuk membeli SHL. 

Kondisi ini bertentangan, dengan saran pihak berwenang yang meminta masyarakat menghindari berkumpul di tempat umum.

Platform e-commerce China, Taobao, sebelumnya juga mengatakan obat herbal kombinasi tersebut juga telah habis di beberapa toko di platform tersebut.

Baca juga: Update, Jumlah Pasien Sembuh Virus Corona Lebih Banyak daripada yang Meninggal

Diperdebatkan

Dua lembaga yang menemukan dugaan kemampuan Shuanghuanglian sebagai penghambat virus corona merupakan badan yang dikelola negara.

Keduanya yaitu IMM berada di bawah Akademik Ilmu Pengetahuan Tiongkok (CAS), sedangkan Intitut Virologi Wuhan juga dikelola oleh CAS yang merupakan salah satu laboratorium virus paling canggih di China.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X