Saat Kemendikbud Tekan Kekerasan pada Anak dengan 'Kawal Sekolah Aman'...

Kompas.com - 22/01/2020, 09:58 WIB
Contoh papan informasi sekolah aman guna menanggulangi dan mencegah tindak kekerasan pada anak di sekolah. KemendikbudContoh papan informasi sekolah aman guna menanggulangi dan mencegah tindak kekerasan pada anak di sekolah.

KOMPAS.com - Upaya pencegahan kekerasan pada anak di sekolah terus didengungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Salah satunya yakni dengan kewajiban pemasangan papan 'Kawal Sekolah Aman' di tiap-tiap sekolahan.

Pada papan informasi itu juga dilengkapi dengan kontak pelaporan dan permintaan bantuan dari pihak sekolah, pemerintah daerah, dan pemerintah.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana mengatakan pemasangan papan informasi tindak kekerasan di serambi sekolah tersebut wajib hukumnya.

"Menurut paparan Mendikbud, pihak sekolah wajib memasang papan informasi tindak kekerasan di serambi sekolah yang mudah dilihat," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (22/1/2020).

Aturan terkait pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan sekolah, imbuhnya dapat disimak di Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015.

Dalam aturan itu, dijelaskan mengenai upaya penanggulangan terhadap tindak kekerasan terhadap siswa, tindak kekerasan yang terjadi di sekolah, tindak kekerasan dalam kegiatan sekolah yang di luar sekolah, dan tawuran antar pelajar.

Tidak hanya penanggulangan, disebutkan bahwa adanya sanksi yang berlaku bagi guru/kepala sekolah yang terbukti menjadi pelaku, atau lalai, atau melakukan pembiaran sehingga terjadi tindak kekerasan.

"Sanksi kepada guru dan tenaga kependidikannya bisa melalui lisan, pengurangan hak, pembebasan tugas, pemberhentian sementara/tetap dari jabatan atau pemutusan hubungan kerja," ujar Ade.

Baca juga: Siap-siap, Kemendikbud Terapkan Kebijakan SSO Mulai 2 Desember 2019

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X