Dana Nasabah BRI Hilang, Apa Bedanya Kartu ATM Chip dan Magnetic Stripe?

Kompas.com - 21/01/2020, 18:15 WIB
Ilustrasi kartu atm dengan sistem chip Shutterstock.comIlustrasi kartu atm dengan sistem chip

KOMPAS.com - Belum lama ini, seorang nasabah BRI mengaku kehilangan sejumlah uang dari rekeningnya secara misterius.

Nasabah dengan akun Twitter @abunga0506 merasa telah kehilangan dana di rekening tabungannya pada 25 Desember 2019. Padahal, saat itu dia tidak melakukan transaksi apa pun.

Selain itu, buku rekening dan kartu (Anjungan Tunai Mandiri) ATM-nya berada bersama korban. Corporate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Hari Purnomo mengatakan, dugaan sementara disebabkan berbagai faktor, yakni skimming, phising, system error, atau human eror.

"Ini sudah selesai siang ini barusan. Bisa jadi skimming. Ada beberapa yang belum hijrah ke microchip, ada yang sudah," katanya kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kartu ATM dengan  chip, dan apa manfaatnya?

Perbedaan ATM magnetic strip dan microchip

Kartu ATM dengan sistem magnetic stripes (kiri) dan chip (kanan)Kompas.com/Luthfia Ayu Azanella Kartu ATM dengan sistem magnetic stripes (kiri) dan chip (kanan)

Kartu ATM dengan mekanisme magnetic strip dan chip dapat dibedakan dari penampilan fisiknya.

Jika kartu ATM masih memiliki satu pola garis hitam memanjang di bagian belakang kartu maka kartu tersebut masih menerapkan mekanisme yang lama, yakni magnetic strip.

Sementara apabila sudah diperbaharui menjadi chip, maka di salah satu bagian kartu tersebut akan terdapat sebuah chip seperti kartu perdana yang akan terbaca apabila dimasukan dalam mesin EDC atau ATM untuk melakukan transaksi.

Berdasarkan keterangan dalam laman resmi Bank Indonesia, mekanisme chip sudah mulai diterapkan pada kartu-kartu ATM sejumlah bank sejak 2017. Kemudian akan diberlakukan bertahap hingga menyeluruh per awal tahun 2022.

"Bank Indonesia menetapkan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) sebagai Standar Nasional Teknologi Chip kartu ATM dan/atau kartu Debit yang akan digunakan oleh seluruh penyelenggara kartu ATM dan atau kartu Debit di Indonesia," tulis keterangan dari Departemen Komunikasi BI.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X