Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 400 Meter, Gunung Semeru Tetap Waspada

Kompas.com - 17/01/2020, 16:57 WIB
Panorama puncak Mahameru dilihat dari Pos 2 Gunung Semeru, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019). Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOPanorama puncak Mahameru dilihat dari Pos 2 Gunung Semeru, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019). Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut.

KOMPAS.com - Erupsi kecil terlihat di Gunung Semeru pada Jumat (17/1/2020). Kejadian erupsi Gunung Semeru tersebut juga tersebar di media sosial. 

Erupsi terpantau pada pagi hari pukul 05.53 dengan kepulan abu yang terlihat keluar dari kawah di puncak Gunung Semeru.

Dilaporkan dalam erupsi tersebut kepulan abu membumbung hingga 400 meter. 

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (17/1/2020), Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, membenarkan kejadian tersebut.

"Betul," jawabnya.

Menurut Kasbani, saat ini kondisi gunung setinggi 3.676 mdpl itu masih berada di status Waspada. Oleh karena itu, kejadian erupsi-erupsi kecil bisa saja sering terjadi.

"Gunung Semeru saat ini berada di status Waspada (level 2). Erupsi-erupsi kecil sering terjadi. Namun, ancaman bahayanya masih di sekitar puncak saja," ungkap Kasbani.

Saat ditanya terkait kemungkinan peningkatan aktivitas dari erupsi-erupsi kecil yang terlihat, Kasbani menyatakan belum adanya indikasi peningkatan status.

"Jadi, masih tetap di level 2. Masyarakat diharap masih tenang, yang penting tidak masuk ke dalam radius bahaya," ujarnya.

Baca juga: Rawan Longsor, Gunung Semeru Tetap Ditutup Selama Libur Tahun Baru

Sementara, berdasarkan keterangan laporan aktivitas gunungapi yang diterima Kompas.com (17/1/2020), pada periode pengamatan tanggal 16 Januari 2020 di Gunung Semeru, cuaca dilaporkan cerah, berawan, dan mendung.

Suhu udara yang terpantau berkisar antara 22 derajat celsius hingga 29 derajat celsius. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X