Naturalisasi dari Anies Baswedan hingga Paul Cumming...

Kompas.com - 04/01/2020, 13:51 WIB
Paul Cumming, pelatih sepak bola di Nabire yang sedang menanti tapak-tapak awal proses naturalisasi dirinya agar menjadi WNI. Foto diambil pada 1990.
KOMPAS/RUDY BADILPaul Cumming, pelatih sepak bola di Nabire yang sedang menanti tapak-tapak awal proses naturalisasi dirinya agar menjadi WNI. Foto diambil pada 1990.

KOMPAS.com - Kata naturalisasi ramai dibicarakan publik akhir-akhir ini. Hal itu tak lepas dari banjir di Jabodetabek dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI No. 31 Tahun 2019, naturalisasi didefinisikan sebagai cara mengelola prasarana sumber daya air melalui konsep pengembangan ruang terbuka hijau dengan tetep memperhatikan kapasitas tampungan, fungsi pengendalian banjir dan konservasi.

Naturalisasi yang dimaksudkan Anies merupakan naturalisasi untuk pengendalian banjir di Jakarta.

Pada dasarnya konsep naturalisasi tidak melulu berhubungan dengan sungai.

Naturalisasi sebenarnya lebih dikenal untuk istilah perubahan status warga negara. Dari penduduk asing menjadi warga negara suatu negara.

Namun proses ini harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dalam peraturan kewarganegaraan negara yang bersangkutan.

Aturan pertama tentang naturalisasi di Indonesia tercantum dalam UU No. 62 Tahun 1958. Namun pemerintah sempat menerbitkan aturan penghentian proses naturalisasi. Seperti dikutip dari arsip Harian Kompas, 8 Desember 1966.

Instruksi itu diberikan oleh Menteri Kehakiman Oemar Seno Adji kepada pengadilan negeri di masing-masing wilayah.

Hal itu disinyalir karena banyaknya warga Republik Rakyat China yang mengajukan diri menjadi WNI. Aturan mengenai kembali dibukanya keran naturalisasi diumumkan pada 11 Juli 1967.

Baca juga: Melihat Gaya Kepemimpinan Anies dan Ahok...

Naturalisasi di Lapangan Hijau

Selebrasi Cristian Gonzales seusai mencetak gol ke pada laga PSS Sleman vs Persita Tangerang, Jumat (16/11/2018). KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Selebrasi Cristian Gonzales seusai mencetak gol ke pada laga PSS Sleman vs Persita Tangerang, Jumat (16/11/2018).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X