Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Banjir Jakarta: Tinggi Muka Air di Beberapa Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Kompas.com - 02/01/2020, 07:25 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah titik di kawasan Jabodetabek terendam banjir sejak Rabu (1/1/2020).

Banjir tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta pada malam pergantian tahun, Selasa (31/12/2019).

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menginformasikan perkembangan terkini tinggi muka air (TMA) di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya, melalui akun Twitter @DinasSDAJakarta.

Berikut ini update tinggi muka air yang dilansir dari Dinas Sumber Daya Air Jakarta, per Kamis (2/1/2020) pukul 07.00 WIB:

  • Angke Hulu 345 cm (Siaga I)
  • Karet 670 cm (Siaga I)
  • Manggarai 920 cm (Siaga II)
  • Wduk Pluit -5 cm (Siaga III)
  • Pasar Ikan kali -82 cm, laut 175 cm (Siaga III)
  • PA Marina kali 186 cm,laut 185 cm (Siaga III)
  • Pulo Gadung 560 cm (Siaga III)
  • Pesanggrahan 110 cm (Siaga IV)
  • Katulampa 40 cm (Siaga IV)
  • Depok 150 cm (Siaga IV)
  • Krukut Hulu 90 cm (Siaga IV)
  • Cipinang Hulu 105 cm (Siaga IV)
  • Sunter Hulu 120 cm (Siaga IV)

Baca juga: Update Banjir Jakarta: Informasi Perjalanan KA dan KRL hingga Kamis Pagi Ini

Informasi tinggi muka air di sejumlah pintu air juga bisa diakses melalui situs berikut ini: Posko Banjir SDA Jakarta.

Warga DKI dan sekitarnya diminta tetap siaga dan waspada hingga hari ini, karena BMKG memprediksi hujan lebat masih akan terjadi.

Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan leh BMKG per tanggal 1 Januari 2020 pukul 22.00 WIB, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan angin kencang diperkirakan dapat kembali terjadi.

Prediksi ini di antaranya akan terjadi di sejumlah daerah yakni Rajeg, Mauk, Sepatan, Benda, Batuceper, Kalideres, Kosambi, Cengkareng, Sawah Besar, Kemayoran, Kelapa Gading, Johar Baru, Senen, Cempaka Putih, Kawasan Pulo Gadung, Cakung, Bekasi Utara, Cilandak, Pasar Minggu, Jaga Karsa, Cipayung, dan sekitarnya.

Hal demikian tak menutup kemungkinan akan meluas ke wilayah Gunung Sindur, Sawangan, Pancoranmas, Balaraja, Kresek, Kronjo, Pakuhaji, Teluknaga, Penjaringan, Tambora, Tamansari, Gambir, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, dan Kembangan.

Selain itu, Cipondoh, Tangerang, Jati Uwung, Pasarkemis, Tigaraksa, Cisoka, Cikupa, Curug, Legok, Serpong, Parungpanjang, Tenjo, Rumpin, Parung, Bojonggede, Sukmajaya, Cimanggis, Jatiasih, hingga Pondok Gede.

Hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan juga akan melanda di beberapa wilayah di antaranya Bekasi Selatan, Bekasi Barat, Tarumajaya, Cilincing, Koja, Tanjung Priok, Pademangan, Menteng, Tanah Abang, Palmerah, Ciledug, dan Pesanggrahan.

Wilayah lainnya, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Setiabudi, Tebet, Jatinegara, Matraman, Duren Sawit, Makasar, Ciracas, Pasar Rebo, Kramat Jati, Mampang Prapatan, Pancoran, Beji, Limo, Pamulang, Ciputat, dan Pondok Aren.

Wilayah lain yang diperkirakan j ugaakan berdampak di antaranya Tambun, Bekasi Timur, Bantargebang, Gunung Putri, Babelan, Muaragembong, Tambelang, Sukatani, Cabangbungin, Pebayuran, Kedung Waringin, Cikarang, Lemahabang, Serang, Cibitung, dam Cibarusah.

Kemudian, Cileungsi, Setu, Cibinong, Cigudeg, Jasinga, Jonggol, Cariu, Semplak, Citeureup, Kedunghalang, dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com