Angkatan Laut AS Larang Prajuritnya Gunakan TikTok, Ini Alasannya

Kompas.com - 22/12/2019, 08:11 WIB
Tiktok ShutterstockTiktok

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Angkatan Laut Amerika Serikat melarang penggunaan aplikasi TikTok di perangkat seluler yang digunakan prajuritnya.

Biasanya, pada perangkat seluler prajurit yang disediakan pemerintah, mereka bebas mengakses atau menggunakan media sosial apa saja.

Namun, kali ini, ada larangan untuk menggunakan Tiktok.

Melansir The Guardian, alasannya, aplikasi yang populer untuk membuat video-video pendek ini dianggap sebuah bentuk ancaman keamanan siber.

Sebuah buletin yang dikeluarkan oleh Angkatan Laut, Selasa (17/12/2019), muncul di sebuah laman Facebook yang diperuntukkan bagi anggota militer.

Buletin tersebut menyatakan, seluruh perangkat yang dikeluarkan pemerintah dan memiliki TikTok di dalamnya akan diblokir dari Intranet Korps Marinir Angkatan Laut.

Baca juga: TikTok Uji Coba Aplikasi Musik Ala Spotify di Indonesia

Pihak Angkatan Laut tidak menjelaskan secara rinci bahaya yang ditimbulkan dari aplikasi tersebut.

Namun, Juru Bicara Pentagon Letnan Kolonel Uriah Orland mengatakan, perintah tersebut adalah bagian dari upaya untuk mengatasi ancaman yang telah ada dan yang berpotensi muncul.

Pihak TikTok tidak meminta komentar kembali atas pelarangan ini.

TikTok adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan remaja Amerika Serikat. Akan tetapi, aplikasi memperoleh sorotan yang cukup besar dalam beberapa bulan terakhir.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X