Hari Ini dalam Sejarah: NASA Ungkap Keberadaan Air di Mars

Kompas.com - 06/12/2019, 17:33 WIB
Ilustrasi Planet Mars Shutterstock.comIlustrasi Planet Mars

KOMPAS.com - Salah satu planet dalam jajaran tata surya yang digadang-gadang bakal bisa dilangsungkan kehidupan, selain bumi, adalah Mars.

Menjadi planet ke-4 terdekat dari Matahari, Mars diketahui memiliki sumber air yang menjadi dasar kehidupan.

Hal ini ditemukan oleh lembaga antariksa Amerika Serikat NASA melalui sebuah citra luar angkasa yang diumumkan pada hari ini 13 tahun yang lalu, 6 Desember 2006.

NASA menemukan adanya aliran air di parit-parit Mars ketika membandingkan dua foto Planet Merah ini yang di ambil dalam periode waktu berbeda, 1999 dan 2006.

Foto yang diambil pada 2006 mencakup 30 persen kawasan Mars yang menampilkan keberadaan kawah-kawah baru yang sebelumnya tidak terlihat pada foto di tahun 1999.

Terdapat aliran air yang mengangkut material sedimen melalui parit-parit yang terbentuk.

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: Pesawat Tak Berawak Mars 2 Tabrak Daratan Mars

"Pengamatan ini menjadi bukti terkuat hingga saat ini bahwa air sesekali tetap mengalir di permukaan Mars," kaya pemimpin penelitian NASA's Mars Exploration Program Michael Meyer, di Washington.

Tidak seperti es dan uap air yang ada di Mars, cairan sangat dibutuhkan untuk kehidupan. Jadi temuan aliran air ini semakin memperkuat potensi kehidupan di sana, mulai dari mikroba.

"Bentuk endapan-endapan itu adalah yang diharapkan untuk terlihat, apakah material terbawa oleh aliran air. Endapan itu memiliki cabang-cabang seperti jari di ujung lereng dan alirannya mudah terpecah di area sekitarnya," jelas salah satu peneliti dari Malin Space Science Systems, Michael Malin.

Malin Space menemukan adanya aliran air di kawah Mars yang terletak di area Terra Sirenum dan Centauri Montes di Mars bagian selatan saat mengambil gambar di tahun 2005.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X