Bergabung dengan Koalisi atau Tidak, Gerindra Tergantung "Nation Call"

Kompas.com - 19/10/2019, 09:30 WIB
Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditemui di kediaman Prabowo-Sandiaga, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKoordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditemui di kediaman Prabowo-Sandiaga, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).


KOMPAS.com – Juru Bicara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, merapatnya Gerindra ke kubu koalisi pemerintah karena adanya nation call.

Hal itu disampaikan Dahnil saat menjadi narasumber program Mencari Pemimpin, yang ditayangkan Kompas TV, Jumat (18/10/2019) malam.

“Kalau kemudian Pak Jokowi merasa butuh Partai Gerindra dan Pak Prabowo, Pak Prabowo tentu sebagai patriot tentu ketika nation call, Beliau akan jawab. Namun kemudian ketika Pak Jokowi yang punya calling tidak membutuhkan Pak Prabowo dan Partai Gerindra, Gerindra siap di luar menjadi mitra kritis,” kata Dahnil.

Menurut Dahnil, sikap Partai Gerindra ini sudah ditunjukkan saat Prabowo bertemu dengan Joko Widodo.

Pihaknya mengaku siap membantu jika memang diperlukan.

Baca juga: Ada Peluang Gerindra Merapat ke Kabinet, Bagaimana Dampaknya ke Perekonomian?

Sebaliknya, jika tidak diperlukan, mereka juga siap untuk menjadi oposan pemerintahan.

Selain adanya nation call, Dahnil juga menyebut, mendekatnya Gerindra ke pemerintah setelah 10 tahun di luar kekuasaan, karena tujuan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut dia, persatuan dan kesatuan sempat terganggu saat Pemilu 2019.

“Kalau kemudian terus tegang, terus panas, saya pikir itu akan menjadi biaya yang amat mahal 5 tahun ke depan,” ujar dia.

 

Dahnil menegaskan Prabowo dan Gerindra siap untuk berada di posisi mana pun tergantung panggilan negara.

Hingga hari ini belum juga ada pernyataan resmi Gerindra, apakah tetap berada di luar pemerintahan atau bergabung di gerbong koalisi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X