Fakta Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, dari Dijaga 30.000 Aparat hingga Disediakan Stan Makanan Gratis

Kompas.com - 18/10/2019, 05:30 WIB
Capres petahanan Joko Widodo saat mendatangi kediaman cawapresnya Kiai Haji Maruf Amin di Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) malam. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin akan menyampaikan pidato terkait hasil sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Bandara Halim Perdanakusuma. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGCapres petahanan Joko Widodo saat mendatangi kediaman cawapresnya Kiai Haji Maruf Amin di Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) malam. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin akan menyampaikan pidato terkait hasil sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Bandara Halim Perdanakusuma.

KOMPAS.com - Pelantikan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024 akan digelar Minggu (20/10/2019).

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah menyepakati pelantikan akan digelar pada pukul 14.30 WIB.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua MPR Bambang Soesatyo setelah rapat gabungan dengan seluruh pimpinan fraksi dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Berikut sejumlah fakta yang berhasil dirangkum Kompas.com menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024:

Diamankan 30 ribu aparat keamanan

Diberitakan Kompas.com (14/10/2019), pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin akan dijaga sekitar 30.000 personel gabungan TNI-Polri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPR Puan Maharani setelah melakukan rapat koordinasi pengamanan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/10/2019).

"Personel yang akan disiagakan dari TNI dan Polri kurang lebih 30 ribu personel akan menyisir ring 1 dan ring 2 yang nanti pelaksanaannya akan diatur sehingga berjalan dengan baik," ujar Puan seperti dikutip Kompas.com.

Puan memastikan bahwa aparat TNI dan Polri selalu siap sedia dalam mengamankan jalannya proses pelantikan.

Baca juga: [HOAKS] Surat Berisi Susunan Kabinet Jokowi-Maruf Amin

Akan diarak setelah dilantik

Menurut Ketua Pelaksana Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 Andi Gani Nena Wea, Jokowi-Ma'ruf akan diarak setelah acara pelantikan usai.

Nantinya, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan didampingi istri masing-masing, yaitu Iriana Jokowi serta Wuri Estu Handayani.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X