Kualitas Udara Palembang Sangat Tidak Sehat, #SavePalembang Bergema

Kompas.com - 14/10/2019, 15:57 WIB
Kabut asap tebal menyelimuti Kota Palembang. Kabut asap berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Selatan, Senin (14/10/2019). KOMPAS.COM/AJI YK PUTRAKabut asap tebal menyelimuti Kota Palembang. Kabut asap berasal dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatera Selatan, Senin (14/10/2019).

KOMPAS.com – Tagar #SavePalembang menggema di media sosial Twitter. Sampai dengan Senin (14/10/2019) pukul 14.19 WIB tagar tersebut telah dibicarakan lebih dari 9,5 ribu kali.

Tagar tersebut terkait dengan kabut asap pekat yang muncul kembali di wilayah Palembang.

Akibat kabut asap ini, sebanyak 500 sekolah mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Palembang, Sumatera Selatan diliburkan.

Dilaporkan Kompas.com, Senin (14/10/2019) Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang, Herman Wijaya menyampaikan, keputusan itu diambil karena kondisi udara yang sudah tidak sehat.

Sementara itu, diketahui, alat pemantau konsentrasi partikulat (PM10) milik BMKG mendadak rusak, sehingga level udara Palembang tidak terpantau.

Baca juga: Terpapar Kabut Asap Ekstrem, 500 Sekolah di Palembang Diliburkan

Kompas.com pada Senin (14/10/2019) memantau kondisi udara Palembang melalui Air Visual. Hasilnya, kondisi udara Palembang terpantau tidak sehat hingga sangat tidak sehat.

Daerah dengan catatan indeks kualitas udara paling buruk adalah di Kenten-Palembang.

Dimana tercatat kualitas udaranya sangat tidak sehat dengan Air Quality Index (AQI) sebesar 232 dengan konsentrasi parameter PM2.5 182.2 ug/m3.

Sementara itu, untuk pantauan di daerah KLHK-Palembang kondisi udara terpantau tidak sehat dengan Indeks AQI sebesar 168 dan konsentrasi PM2.5 88ug/m3.

Untuk pantauan di Kota Palembang, pantauan udara terpantau tidak sehat dengan kondisi udara tidak sehat dimana indeks AQI nya sebesar 157 dan konsentrasi PM 2.5 67ug/m3.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X