Mengenal Topan Hagibis, Dampak dan Fenomenanya...

Kompas.com - 13/10/2019, 09:47 WIB
Sekelompok pekerja penyelamat melewati rumah yang hancur akibat terjangan Topan Hagibis di Ichihara, Prefektur Chiba, pada 12 Oktober 2019. Topan Hagibis, dikenal juga sebagai Topan Nomor 19, disebut adalah topan terkuat yang melanda Jepang dalam 60 tahun terakhir. REUTERS/Kazuki WakasugiSekelompok pekerja penyelamat melewati rumah yang hancur akibat terjangan Topan Hagibis di Ichihara, Prefektur Chiba, pada 12 Oktober 2019. Topan Hagibis, dikenal juga sebagai Topan Nomor 19, disebut adalah topan terkuat yang melanda Jepang dalam 60 tahun terakhir.

KOMPAS.com – Topan Hagibis menerjang Jepang pada Sabtu (12/10/2019). Setidaknya 4 orang dikabarkan tewas hingga Minggu (13/10/2019).

Badan Meteorologi Jepang mengingatkan bahwa Topan Hagibis kekuatannya sekuat Topan Kanogawa yang melanda Prefektur Shizouka dan wilayah Tokyo pada 1959.

Ketika itu, Topan Kanogawa menewaskan sebanyak lebih dari 1.200 orang.

Sehari menjelang terjadinya Topan Hagibis, langit di Jepang berubah warna menjadi merah muda (pink).

Netizen di media sosial Twitter banyak yang membagikan momen tersebut.

Seorang warga Indonesia di Jepang, Wahyu Cahyo Saputro, juga membenarkan adanya langit berwarna pink di Jepang.

Kepada Kompas.com, Sabtu (12/10/2019) pihaknya bercerita sempat melihat kondisi langit yang berwarna merah muda tersebut.

Wahyu yang saat itu berada di kantornya di Prefektur Hiroshima sempat menyaksikan fenomena alam tersebut meskipun hanya sebentar.

Terkait fenomena langit ini, Marufin Sudibyo, astronom amatir Indonesia, mengatakan fenomena tersebut memang memiliki kemungkinan berkaitan dengan bencana.

Tetapi, ia meyakini penyebabnya bukan karena Topan Hagibis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X