Fenomena Disrupsi dan Kampanye Positif di Medsos

Kompas.com - 12/10/2019, 16:25 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.com - Pengamat terorisme dari Universitas Islam Negeri ( UIN) Jakarta Roby Sugara mengatakan adanya unggahan konten negatif yang dilakukan oleh para istri TNI merupakan fenomena global yang dikenal sebagai era disrupsi.

Menurut dia, era tersebut membuat berbagai macam narasi dengan begitu cepatnya meluas di masyarakat.

"Narasi positif dan negatif dalam bentuk digital telah menyebar sangat cepat," ujar Roby saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (12/10/2019).

"Kasus istri TNI ini menunjukkan mereka adalah korban dari narasi negatif yang dialamatkan ke Wiranto atau pemerintah seperti membubarkan ormas islam, kriminalisasi ulama dan lain sebagainya," lanjut dia.

Untuk diketahui, TNI melaporkan dua istri prajurit TNI ke polisi terkait unggahan mereka di media sosial yang dituding berkonten negatif terkait aksi penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto.

Selain itu, istri-istri TNI tersebut menurut Roby tidak bisa menyaring berita, dan tidak menyadari bahwa mereka memiliki suami abdi negara.

Ia menyebut, bahwa teroris telah memainkan dan memanfatkan era disrupsi ini dengan cara melakukan eksekusi mati atau tindakan teror kepada personal yang menurut netizen banyak dibenci orang.

"Dengan banyaknya stigma negatif yang justru dialamatkan kepada Wiranto, teroris berhasil mencapai tujuannya," terang dia.

Baca juga: Saat Musisi hingga Istri TNI Dilaporkan Polisi...

Kampanye positif

Lebih lanjut Roby mengatakan, dengan begitu, kebencian dari netizen seperti terpuaskan.

"Ini tekniknya sama ketika memanfaatkan kebencian orang pada Amerika, dengan melakukan teror pada Amerika oleh Al Qaeda," papar dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X