Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Suasana Haru Orangtua Wakili Wisuda Anak yang Meninggal Dunia

Kompas.com - 08/10/2019, 19:01 WIB
Mela Arnani,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suasana duka mengiringi prosesi wisuda ke-42 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada Minggu (6/10/2019) lalu.

Wisuda yang diselenggarakan di Gedung Graha IAIN Surakarta ini dipenuhi isak tangis ketika orangtua almarhum Syahrul Mubarok maju ke panggung untuk mewakili putranya yang telah tiada.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @iain.surakarta, ayah almarhum, Sarifuddin terlihat tak bisa menyembunyikan rasa sedihnya.

Berbatik coklat, sekuat diri didampingi sang istri Sri Nuryati Jamil, Sarifuddin terisak maju ke panggung dan menerima kalungan selempang dari Rektor IAIN, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd.

Baca juga: Cerita di Balik Driver Ojol Lulus Cum Laude, Ngojek dari Semester V hingga Pakai Jaket Gojek Saat Wisuda

 

Syahrul merupakan mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah angkatan 2015 yang meninggal karena penyakit kelenjar getah bening pada bulan Juli 2019 lalu.

Staf Humas Publikasi IAIN Surakarta Ahmad Nugroho mengatakan, Syahrul telah menyelesaikan proses studinya sehingga almarhum dapat diwisuda.

"Syahrul sudah melakukan proses dari seminar, skripsi sampai munaqosah (ujian). Tanggal sidangnya 4 Juli 2019," kata Nugroho saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/10/2019) sore.

"Nilainya sebenarnya bisa keluar. Dia (almarhum) tidak bisa sampai ke wisuda, karena setelah sidang meninggal," lanjutnya.

Nugroho menyampaikan, prosesi wisuda bagi almarhum yang diwakili oleh orangtua sebagai bentuk penghormatan.

Semasa kuliah, Syahrul dikenal sebagai mahasiswa yang baik. Dia mampu mengikuti perkuliahan dan menyelesaikannya tepat waktu.

Nilai indeksnya pun juga membanggakan. Syahrul lulus cumlaude dengan IPK 3,70.

Nugroho menceritakan, saat prosesi penyerahan ijazah dan selempang, wisudawan dan tamu yang datang turut meneteskan air mata.

Baca juga: Viral, Video Rektor dan Guru Besar UNY Nyanyi Hip Hop Saat Acara Wisuda, Ini Ceritanya

"Pada nangis semua. Pak rektor IAIN juga ikut nangis," ujar dia.

Panitia, sambung Nugroho, telah menyiapkan acara khusus prosesi wisuda Syahrul.

"Sebelum mewisuda yang lain, yang pertama yang diwisuda almarhum," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com