Viral, Suasana Haru Orangtua Wakili Wisuda Anak yang Meninggal Dunia

Kompas.com - 08/10/2019, 19:01 WIB
Tangkapan layar penyerahan selempang dan ijazah Syahrul Mubarok yang diwakili ayahnya, Sarifuddin. Instagram/@iain.surakartaTangkapan layar penyerahan selempang dan ijazah Syahrul Mubarok yang diwakili ayahnya, Sarifuddin.

KOMPAS.com - Suasana duka mengiringi prosesi wisuda ke-42 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada Minggu (6/10/2019) lalu.

Wisuda yang diselenggarakan di Gedung Graha IAIN Surakarta ini dipenuhi isak tangis ketika orangtua almarhum Syahrul Mubarok maju ke panggung untuk mewakili putranya yang telah tiada.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @iain.surakarta, ayah almarhum, Sarifuddin terlihat tak bisa menyembunyikan rasa sedihnya.

Berbatik coklat, sekuat diri didampingi sang istri Sri Nuryati Jamil, Sarifuddin terisak maju ke panggung dan menerima kalungan selempang dari Rektor IAIN, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd.

Baca juga: Cerita di Balik Driver Ojol Lulus Cum Laude, Ngojek dari Semester V hingga Pakai Jaket Gojek Saat Wisuda

 

Syahrul merupakan mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah angkatan 2015 yang meninggal karena penyakit kelenjar getah bening pada bulan Juli 2019 lalu.

Staf Humas Publikasi IAIN Surakarta Ahmad Nugroho mengatakan, Syahrul telah menyelesaikan proses studinya sehingga almarhum dapat diwisuda.

"Syahrul sudah melakukan proses dari seminar, skripsi sampai munaqosah (ujian). Tanggal sidangnya 4 Juli 2019," kata Nugroho saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/10/2019) sore.

"Nilainya sebenarnya bisa keluar. Dia (almarhum) tidak bisa sampai ke wisuda, karena setelah sidang meninggal," lanjutnya.

Nugroho menyampaikan, prosesi wisuda bagi almarhum yang diwakili oleh orangtua sebagai bentuk penghormatan.

Semasa kuliah, Syahrul dikenal sebagai mahasiswa yang baik. Dia mampu mengikuti perkuliahan dan menyelesaikannya tepat waktu.

Nilai indeksnya pun juga membanggakan. Syahrul lulus cumlaude dengan IPK 3,70.

Nugroho menceritakan, saat prosesi penyerahan ijazah dan selempang, wisudawan dan tamu yang datang turut meneteskan air mata.

Baca juga: Viral, Video Rektor dan Guru Besar UNY Nyanyi Hip Hop Saat Acara Wisuda, Ini Ceritanya

"Pada nangis semua. Pak rektor IAIN juga ikut nangis," ujar dia.

Panitia, sambung Nugroho, telah menyiapkan acara khusus prosesi wisuda Syahrul.

"Sebelum mewisuda yang lain, yang pertama yang diwisuda almarhum," tutur dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X