Kronologi Ospek Mahasiswa Universitas Khairun yang Viral di Media Sosial

Kompas.com - 30/08/2019, 17:34 WIB
Tangkapan layar video viral ospek mahasiswa baru di Universitas Khairun. TwitterTangkapan layar video viral ospek mahasiswa baru di Universitas Khairun.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan orientasi mahasiswa baru yang terjadi di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara tengah menjadi perhatian publik karena videonya viral di media sosial.

Dari video yang beredar, terlihat perlakuan dari mahasiswa senior terhadap para mahasiswa baru yang tidak layak dan tidak manusiawi.

Para mahasiswa baru Universitas Khairun diminta menaiki tangga dengan cara jalan jongkok dan meminum air mineral yang terkena ludah teman lainnya secara bergantian.

Kompas.com menghubungi Wakil Rektor Kemahasiswaan Universitas Khairun Syawal Abdul dan mendapatkan rilis resmi bertanda tangan Rektor Universitas Khairun Husen Alting.

Dari surat resmi itu diketahui, pelaksanaan inforient Universitas Khairun berlangsung sejak 25 Agustus 2019.

Sementara, pelaksaanan di tingkat fakultas pada 29-30 Agustus 2019.

Baca juga: Mahasiswa dalam Video Viral Ospek di Universitas Khairun Kena Sanksi Skorsing

Peristiwa ospek yang viral ini terjadi pada Kamis (29/8/2019) sore.

“Pada saat itu, waktu istirahat menjelang shalat Ashar sekaligus bersamaan pelaksanaan persiapan penutupan acara,” kata Husen dalam keterangan resminya, Jumat (30/8/2019).

Ada beberapa oknum mahasiswa yang memanfaatkan kesempatan terhadap mahasiswa baru di dalam kelas.

Kemudian, oknum mahasiswa itu melakukan tindakan yang tak sesuai norma akademik, kode etik mahasiswa, dan panduan inforient.

Empat orang mahasiswa yang diduga terlibat dalam ospek itu berasal dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan berinisial AE, FSMA, LM, dan NSF.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X