Viral Ospek Mahasiswa Jalan Jongkok dan Minum Air Bekas Ludah Terjadi di Universitas Khairun, Ternate

Kompas.com - 30/08/2019, 15:34 WIB
Tangkapan layar video viral ospek mahasiswa baru di Universitas Khairun. TwitterTangkapan layar video viral ospek mahasiswa baru di Universitas Khairun.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa orientasi mahasiswa baru atau dikenal dengan ospek yang terekam pada sebuah video dan beredar di media sosial dipastikan terjadi di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara.

Pada video viral yang beredar, terlihat beberapa mahasiswa baru mengenakan jas almamater berwarna kuning menaiki anak tangga dengan cara jalan jongkok dan membawakan tas para seniornya.

Senior yang mayoritas mengenakan kaus warna biru gelap itu mengelilingi mahasiswa baru tersebut sambil tertawa.

Terlihat pula salah satu laki-laki mengenakan baju kotak-kotak coklat berniat membantu membawakan tas yang dibawa mahasiswa baru.

Baca juga: Viral Video Ospek Mahasiswa Jalan Jongkok dan Berbagi Air Minum, Ini Penelusuran Ristek Dikti

Namun, dicegah oleh seorang mahasiswi berbaju biru gelap dengan cara menendang.

Tak hanya satu video.

Video lainnya memperlihatkan para mahasiswa duduk di sebuah ruangan dan diminta bergantian meminum air putih pada wadah kemasan gelas.

Selanjutnya, air yang diminum dikeluarkan kembali ke dalam gelas, dan diberikan kepada mahasiswa yang ada di sebelahnya.

Penelusuran Ristek Dikti

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Ismunandar mengatakan, peristiwa yang ada dalam video tersebut terjadi di Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara.

"Sudah saya cek ke kampusnya. Betul di Unkhair (Universitas Khairun)," kata Ismunandar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/8/2019).

Ismunandar mengatakan, kegiatan orientasi mahasiswa baru yang dilakukan seperti ini tidak boleh terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X