Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali 12 Manfaat Timun Suri, Buah yang Cocok untuk Takjil saat Ramadhan

Sebab, timun suri termasuk buah yang cocok diolah menjadi minuman takjil berbuka puasa.

Buah timun suri memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan hingga oranye. Dagingnya bertekstur lembut dan mengandung banyak air.

Diketahui, timun suri mengandung nutrisi berupa beta-karoten, protein, vitamin C, vitamin K, asam folat, serat, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor.

Kandungan tersebut membuat timun suri menawarkan banyak manfaat kesehatan. Apa saja?

Manfaat timun suri bagi kesehatan

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat dari timun suri bagi kesehatan manusia.

1. Bantu metabolisme tubuh

Timun suri memiliki kandungan air tinggi yang bermanfaat dalam proses metabolisme. Air dapat melarutkan mineral, vitamin, dan molekul lain sehingga memudahkan jalannya sel-sel.

Dikutip dari buku Timun Suri dan Blewah karya Hendro Sunarjono dan Rita Ramayulis, kandungan air pada buah itu juga berperan mendetoksifikasi sisa sel, pelumas sendi, dan mempertahankan suhu tubuh.

Oleh karena itu, timun suri juga dapat menyembuhkan panas dalam dan melarutkan asam urat.

2. Menjaga kulit

Timun suri kaya akan vitamin C yang membentuk senyawa kolagen. Kandungan ini bermanfaat menyembuhkan luka dan perdarahan pada kulit dan gusi. 

Selain itu, buah tersebut juga kaya antioksidan alami yang mampu mengatasi masalah penuaan dini.

Vitamin C juga berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah yang dapat meningkatkan penyerapan dan metabolisme zat besi.

4. Pembentukan tulang, otot, dan gigi

Tak hanya itu, vitamin C pada buah tersebut juga dapat meningkatkan metabolisme kalsium dalam tubuh. Buah ini juga kaya akan kalsium dan fosfor.

Hal ini diperlukan dalam pembentukan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis. Kalsium juga berfungsi mengatur pembekuan darah dan mengendurkan otot.

Kandungan kalsium dan magnesium di dalam buah juga berperan mengatur kerja jaringan otot, terutama otot jantung. Fungsinya dapat mencegah kram dan kejang otot.

5. Atasi hipertensi

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi dianjurkan mengonsumsi timun suri karena kandungan kaliumnya yang cukup tinggi.

Diketahui, penderita hipertensi memiliki kadar natrium dan kalium yang tidak normal dalam darah, sehingga konsumsi timun suri dapat memenuhi kebutuhan kalium tubuh.

6. Atasi kekurangan cairan

Orang yang berpuasa dapat mengalami kekurangan cairan dan elektrolit atau bahkan dehidrasi dan heat stroke. Timun suri dapat mencegah dan mengatasi kondisi tersebut.

Timun suri mengandung banyak air yang dapat mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kandungan kalium pada buah ini juga mengatur keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi.

7. Melawan radikal bebas

Selanjutnya, timun suri mengandung vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan dengan cara meningkatkan kadar glutation antioksidan alami tubuh. Hal ini dapat memerangi zat-zat radikal bebas.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi buah tersebut akan memiliki tubuh yang lebih sehat, kebal dari penyakit, dan terhindar dari penyakit akibat penuaan sel. 

Anak-anak, remaja, dan orang tua yang sistem imunnya terganggu juga dianjurkan untuk mengonsumsi timun suri yang cukup berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

8. Detoks racun

Dilansi dari buku Buah Ajaib Tumpas Penyakit tulisan N. S. Budiana, timun suri yang mengandung banyak vitamin dan mineral juga mampu mengikat racun dari tubuh.

Konsumsi rutin timun suri akan memperlancar pembuangan racun melalui urine. Racun dalam tubuh akan terdetoksifikasi sehingga tidak merusak tubuh.

9. Sumber energi

Timun suri juga mengandung glukosa dan fruktosa. Dua zat ini dikenal sebagai sumber energi baik yang mudah diolah tubuh.

Kandungan ini membuat buah tersebut menjadi pilihan tepat saat berbuka puasa karena cepat memulihkan energi.

10. Jaga kesehatan mata

Vitamin A pada timun suri bermanfaat menjaga kesehatan mata dan mencegah katarak.

Vitamin tersebut juga menguatkan sistem tubuh, melindungi dari serangan bakteri dan virus, melawan radikal bebas, menyehatkan kulit, dan menghalau Alzhaimer.

11. Melawan kanker

Timun suri juga mengandung saponin. Senyawa ini diketahui ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Karena itu, konsumsi timun suri dapat mencegah kanker, terutama kanker usus dan kolon.

12. Cegah masalah pencernaan

Dikutip dari buku Grow Your Own Fruits, Panduan Praktis Menanam 28 Tanaman Buah Populer di Pekarangan karya Cahyo Saparinto dan Rini Susiana, timun suri juga kaya akan serat alami.

Kandungan ini dapat mencegah gangguan saluran pencernaan seperti sembelit. Serat juga berfungsi mencegah kanker di pencernaan.

Selain itu, timun suri juga mengandung antioksidan yang bantu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan pengiriman oksigen ke otak.

https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/17/073000465/kenali-12-manfaat-timun-suri-buah-yang-cocok-untuk-takjil-saat-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke