Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Analisis Gempa M 5,0 Pangandaran dan Daerah yang Merasakan Getarannya

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Kamis (31/12/2023) sekitar pukul 11.52 WIB. BMKG memastikan gempa tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Infomasi gempa tersebut diunggah di akun media sosial X (Twitter) @infobmkg pada Kamis.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, titik gempa berada di 8.22 LS (Lintang Selatan), 107.87 BT (Bujur Timur).

"Gempa bumi berada di Garut, 90 km Barat Daya dari Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman 10 km," ujar Daryono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Pihaknya menyebutkan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Gempa bumi susulan

Selain itu, hingga pukul 12.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).


Daerah yang merasakan gempa

Berdasarkan catatan BMKG hingga pukul 12.47 WIB, getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah di sekitar Pangandaran.

Gempa bumi dirasakan di daerah Garut, Pangalengan dengan skala II-III MMI. Sementara itu, di daerah Banjar, Cianjur, Tasikmalaya merasakakan gempa bumi Pangandaran dengan skala II MMI.

Kemudian skala II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Imbauan untuk masyarakat

Daryono mengimbau supaya masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh terkait isu gempa Bumi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat agar menghindari bangunan-bangunan retak atau bangunan yang rusak akibat gempa.

Periksa dan pastikan pula bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutur Daryono.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/12/31/131140465/analisis-gempa-m-50-pangandaran-dan-daerah-yang-merasakan-getarannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke