Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Iron Dome, Pertahanan Terkuat Milik Israel untuk Melawan Hamas

Saat ribuan roket menghujani langit Israel, negara tersebut sekali lagi mengandalkan sistem Iron Dome untuk melindungi warganya.

Sistem pertahanan rudal, Iron Dome adalah salah satu alat terpenting dalam persenjataan Israel dan telah menyelamatkan banyak nyawa warga sipil dalam berbagai konflik dalam dekade terakhir, dilansir dari CNN, Senin (9/10/2023).

Iron Dome diklaim sebagai sistem pertahanan terkuat milik Israel yang sangat efektif, dengan tingkat keberhasilannya lebih dari 95 persen dalam menghadang serangan musuh.

Pengembangan Iron Dome pertama kali dimulai pada 2007. Setelah pengujian pada 2008 dan 2009, baterai Iron Dome pertama digunakan pada 2011. Sejak saat itu, sistem ini telah ditingkatkan beberapa kali.

Berikut beberapa fakta dari Iron Dome yang merupakan sistem pertahanan terkuat Israel:

Iron Dome dapat mencegah serangan rudal yang berbasis di darat, roket, dan bahkan Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) yang masuk ke wilayah Israel dan kemudian menghancurkannya di udara.

Sistem pertahanan ini akan mencegat dan menghancurkan roket serta mortir jarak pendek (45 mil atau setara 72,4 km) yang datang ke wilayah dan berada di bawah pengawasannya.

Iron Dome menjadi fondasi pertahanan militer Israel dalam perang dengan Hamas, sejak diperkenalkan 2011.

Israel mengeklaim, sistem pertahanan ini berhasil menghancurkan sekitar 200 dari 1.000 roket Hamas yang diluncurkan ke wilayahnya sejak 12 Mei 2021.

2. Dilengkapi dengan peralatan canggih 

Iron Dome dirancang untuk menembak jatuh proyektil ataupun roket yang masuk di wilayah Israel, dilansir dari CNN, Senin (9/10/2023).

Sistem ini dilengkapi dengan radar yang mendeteksi roket dan kemudian menggunakan sistem komando dan kontrol yang dengan cepat menghitung proyektil yang masuk serta memperkirakan apakah itu akan menimbulkan ancaman atau tidak.

Jika roket tersebut benar-benar menimbulkan ancaman, Iron Dome akan menembakkan rudal dari darat untuk menghancurkannya di udara.

Bagi mereka yang berada di darat, intersepsi langsung terdengar seperti ledakan keras dan terkadang dapat dirasakan dari dalam tanah.

Menurut Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), ada 10 baterai Iron Dome di seluruh Israel, yang masing-masing mencakup tiga hingga empat peluncur.

Selain itu, sistem ini sangat mudah dibawa dan hanya membutuhkan beberapa jam untuk disiapkan.

Iron Dome sendiri memilki jangkauan tembak mulai dari 4 km hingga 70 km.

Meski begitu, tidak seperti sistem pertahanan udara yang dirancang untuk menghentikan rudal balistik, Iron Dome menargetkan roket terarah yang berada di ketinggian rendah, jenis yang sering ditembakkan oleh kelompok perlawanan di Gaza.

4. Tingkat keberhasilan diklaim mencapai 95 persen

Sistem pertahanan yang pertama kali beroperasi pada 2011 itu diklaim memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi dalam mencegah roket yang menargetkan wilayah Israel.

Angkatan Pertahanan Israel (IDF) mengungkapkan, ketika ada yang meluncurkan rentetan roket ke arah Israel, sekitar 95,6 persen pencegat Iron Dome yang diluncurkan oleh sistem tersebut berhasil menghancurkan roket yang masuk.

“Dari 1.469 roket Gaza yang diluncurkan, hanya 1.139 roket yang berhasil menyeberang ke wilayah Israel. Iron Dome berhasil mencegat 437 roket, yang merupakan tingkat keberhasilan 95,6 persen dari seluruh intersepsi,” kata IDF dikutip dari ABC News, Selasa (10/10/2023).

5. Didanai oleh AS

Dikutip dari NBC News, Selasa (10/10/2023), Iron Dome yang menjadi pertahanan terkuat milik Israel itu tidak luput dari perhatian para anggota parlemen Amerika Serikat (AS).

AS telah menyediakan hampir 3 miliar dollar AS pendanaan Iron Dome.

Selain itu, sebagai sistem pertahanan terkuat milik Israel, Iron Dome membutuhkan biaya yang tinggi seiring dengan pengoperasian perang.

Setiap rudal yang ditembakkan akan memangkas biaya sekitar 40.000 dollar Amerika Serikat (AS) untuk mencegat ribuan roket yang masuk.

Pemerintah AS telah menghabiskan lebih dari 1,5 miliar dollar AS untuk program Iron Dome.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/15/100000565/5-fakta-iron-dome-pertahanan-terkuat-milik-israel-untuk-melawan-hamas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke