Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Ons Jabeur, Runner-up Wimbledon 2023

Ons Jabeur menjadi runner-up Wimbledon 2023 seusai takluk dari Marketa Vondrousova pada partai puncak yang berlangsung di London, Inggris, Sabtu (15/7/2023).

Berdasarkan data di laman resmi Wimbledon, Ons Jabeur takluk dengan skor 4-6, 4-6.

Ini adalah kali kedua Ons Jabeur gagal menjuarai Wimbledon setelah mencapai final turnamen tersebut.

Pada Wimbledon 2022, Ons Jabeur juga gagal menjadi juara seusai takluk dari Elena Rybakina dengan skor 6-2, 2-6, dan 2-6.

Kekalahan Jabeur di final Wimbledon 2023 terbilang mengejutkan. Sebab, lawannya, Marketa Vondrousova, datang dengan status nonunggulan.

Vondrousova pun menjadi petenis nonunggulan pertama yang menjuarai Wimbledon di era Open setelah memenangi partai puncak melawan Jabeur.

Sementara itu, Jabeur yang sejatinya diunggulkan menjadi juara, hanya bisa meratapi kekalahan saat Vondrousova mengangkat trofi juara.

"Ini sangat menyakitkan karena sangat dekat untuk mencapai sesuatu yang Anda inginkan. Saya tidak bermain bagus. Begitu banyak hal yang masih harus saya lakukan," kata Jabeur setelah kekalahan di final Wimbledon 2023, dikutip dari BBC.

Profil singkat Ons Jabeur

Ons Jabeur lahir di Ksar El Hellar, Tunisia, pada 28 Agustus 1994. Dia memiliki kekuatan kaki kanan dalam bertenis dan mencapai peringkat 10 besar dunia pada 2021.

Dilansir dari Tennis Majors, Ons Jabeur menarik perhatian dunia karena permainan dan dropshot-nya yang bervariasi.

Sikapnya yang terbuka kepada para penggemar, media, dan pemain lain juga dikagumi oleh para pencinta tenis dunia.

Dia dikenal sebagai petenis terhebat sepanjang masa dari Afrika karena pencapaiannya yang mampu menembus peringkat kedua dunia pada Juni 2022.

Saat ini, Ons Jabeur yang telah berusia 28 tahun, tengah menduduki peringkat keenam dunia.

Keluarga

Ons Jabeur lahir dari pasangan Ridha dan Samira Jabeur. Dia memiliki dua kakak laki-laki bernama Hatem dan Marwen, dan satu saudara perempuan, Yasmine.

Suami Ons Jabeur bernama Karim Kamoun, seorang mantan atlet anggar Rusia-Tunisia. Mereka menikah pada pada Oktober 2015.

Gelar Juara Ons Jabeur

Ons Jabeur telah memiliki empat gelar juara tunggal WTA dalam kariernya sejauh ini.

Dia meraih gelar juara pertamanya di Birmingham, Inggris, setelah mengalahkan Daria Kasatkina dari Rusia pada partai puncak, Juni 2021.

Lalu, Ons Jabeur meraih gelar juara kedua di Madrid Open pada Mei 2022. Pada tahun yang sama, dia juga berhasil merengkuh gelar juara ketiga di German Open, Berlin.

Terakhir, Ons Jabeur menjadi juara dalam ajang Charleston Open di Amerika Serikat, April 2023.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/16/171500565/profil-ons-jabeur-runner-up-wimbledon-2023-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke