Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Video Subliminal dan Benarkah Memengaruhi Penontonnya?

Pembicaraan tersebut salah satunya dilakukan melalui unggahan akun Twitter ini pada Minggu (4/6/2023).

Dalam cuitannya, pengunggah menyatakan bahwa wajahnya menjadi lebih bersih dan ia banyak didekati laki-laki setelah menonton video tersebut.

"Satu minggu ini iseng nonton YouTube subliminal karena lagu dan editannya bagus dan merasa mukaku agak bersih, bahkan beberapa kali nonton video ini besoknya ada 2 cowok yang deketin aku. Ini beneran nggak sih?" tanyanya.

Hingga Rabu (7/6/2023) pagi, unggahan tersebut telah disukai 11.500 pengguna Twitter, dan dibagikan 1.124 kali.

Lalu, apa video subliminal itu dan benarkah memengaruhi orang yang menontonnya?

"Fungsi dari video tersebut dipercaya dapat memengaruhi alam bawah sadar," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Ratna mengungkapkan, pembuat video menyisipkan pesan-pesan yang diklaim sebagai afirmasi atau pernyataan positif.

Pembuat video subliminal sengaja membuat konten yang seolah dapat mewujudkan impian seseorang di alam bawah sadarnya. Misal, ingin kulit mulus, berpenampilan menarik, atau mewujudkan cita-cita.

Saat menonton video subliminal, penonton berharap akan mengalami kondisi serupa di dunia nyata sesuai dengan isi video tersebut.

Meski begitu, perubahan ini tetap membutuhkan tindakan dari penontonnya, bukan hanya sekadar menonton video subliminal di media sosial.

"Sebenarnya yang perlu digarisbawahi, kita perlu melakukan usaha terbaik kita dulu yang kemudian dibarengi dengan afirmasi positif. It's oke," lanjutnya.

Meski begitu, ia menyebutkan, video subliminal hanya berisi afirmasi positif bagi publik. Ini harus dibarengi dengan usaha maksimal yang dilakukan untuk mencapai keinginan.

"Jangan terlalu percaya dengan video itu karena tidak ada hasil yang instan," tambah dia.

Sayangnya, Ratna mengungkapkan tetap banyak orang yang menerima video subliminal tanpa tindakan untuk mencapai sesuatu.

Menurut dia, video subliminal yang trending dan banyak ditonton akan dianggap ampuh dan berkualitas mengubah hidup seseorang.

Akibatnya, mereka akhirnya menerapkan dan memercayai isi video tanpa melakukan riset lebih lanjut. Padahal, bisa saja video tersebut hanya setting-an dan dilihat penonton bayaran.

"Kadang-kadang, di antara remaja yang mudah terpengaruhi jadi latah mengikuti yang ada di video. Padahal belum tentu ada perubahan signifikan," lanjutnya.

Bagaimana afirmasi mengubah seseorang?

Video subliminal berisikan afirmasi atau pernyataan positif yang memengaruhi alam bawah sadar seseorang.

"Afirmasi itu membantu meningkatkan motivasi dan membuat gambaran di pikiran kalau impian kita tercapai," katanya lagi.

Menurut Ratna, pernyataan positif yang dinyatakan berulang-ulang secara sadar atau tidak akan memengaruhi tindakan seseorang.

Misalnya, orang yang menyatakan dan menyakini kalau dirinya bisa melakukan sesuatu maka semangat dan yakin mampu melakukan hal tersebut apapun risikonya.

"Kenapa video tersebut bisa mengarahkan seseorang seperti yang diharapkan? Karena ada yang dibangun di dalamnya, secara sengaja atau tidak, tapi dia memang menghadirkan motivasi untuk melakukan sesuatu," pungkasnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/07/083000665/apa-itu-video-subliminal-dan-benarkah-memengaruhi-penontonnya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke