Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sinyal 3G Dimatikan Bertahap, Ini Daerah yang Sudah dan Akan Dimatikan

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada Desember 2021, mengumumkan tengah mengkaji rencana penghapusan sinyal 3G di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, (1/3/2022), juru bicara Kemkominfo Dedy Permadi mengatakan, penghapusan sinyal 3G lantaran jaringan ini sudah lawas dan memiliki sejumlah kendala.

Kendala tersebut, antara lain sinyal yang tidak stabil dan kapasitas layanan yang kurang memadai.

Oleh karena itu, menurutnya, layanan 3G di Indonesia sudah seharusnya dialihkan menggunakan layanan 4G LTE.

Lantas, daerah mana saja yang sudah tidak bisa mengakses sinyal 3G?

Telkomsel matikan sinyal 3G di Jakarta

Berkenaan dengan rencana pemerintah, pada Januari 2022, Telkomsel mengumumkan akan melakukan migrasi seluruh layanan jaringan 3G ke 4G LTE mulai tahun ini.

Telkomsel pun resmi mematikan sinyal 3G miliknya di seluruh Jakarta pada Rabu, 6 Juli 2022 lalu.

Untuk itu, per 6 Juli 2022, pelanggan Telkomsel di Jakarta tidak bisa lagi mengakses jaringan 3G milik perusahaan pelat merah ini.

Sebagai gantinya, Telkomsel membantu seluruh lapisan masyarakat untuk turut berkembang dalam memanfaatkan teknologi dengan jaringan 4G.

"Telkomsel kali ini mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas 4G merata di seluruh wilayah Jakarta," ujar General Manager Consumer Sales Region Central Jabotabek Telkomsel Anandoz Bangsawan, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Menyusul pada 20 Juli 2022

Dilansir dari laman Telkomsel, pada 20 Juli 2022, Telkomsel akan kembali mematikan sinyal 3G di banyak kota.

Wilayah Jawa Barat, antara lain Kota Bandung, Kuningan, Bekasi, Kota Bogor, dan Depok.

Sementara itu, untuk wilayah Banten, sinyal 3G Telkomsel tak lagi bisa dinikmati di Tangerang Selatan dan Lebak.

Wilayah Pulau Jawa lainnya, antara lain Kota Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Madiun, hingga Pacitan.

Adapun di Pulau Sumatera, antara lain Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Pidie, dan Simeulue di Provinsi Aceh.

Kota Medan, Asahan, Batu Bara, Karo, hingga Toba Samosir di Sumatera Utara, serta Agam, Kota Pariaman, hingga Tanah Datar di Sumatera Barat.

Penonaktifan sinyal 3G Telkomsel pada 20 Juli mendatang juga terjadi di Kepulauan Riau, tepatnya di Kota Tanjung Pinang dan Kuantan Singingi.

Jadwal lengkap daerah yang sudah dan akan mengalami penonaktifan jaringan 3G serta pengembangan jaringan 4G Telkomsel, bisa diakses di sini.

IOH menyusul di Jabodetabek

Menyusul Telkomsel, sinyal 3G milik Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) juga sudah tidak tersedia di Jakarta.

Bahkan, sinyal 3G Indosat dan Tri Indonesia kini tak lagi tersedia di daerah sekitar Jakarta, yakni Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek).

SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang menuturkan, penonaktifan sinyal 3G di Jabotabek sebagaimana agenda Kemkominfo untuk mematikan jaringan ini secara bertahap.

"Kami akan mengikuti tenggat waktu yang diberikan oleh Kominfo," ujar Steve kepada Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Ia mengatakan, IOH akan terus melakukan integrasi dan peningkatan seluruh jaringan menjadi 4G. Bukan hanya itu, pihaknya juga akan menggelar layanan terbaru, yakni 5G.

Hal ini, menurut Steve, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong 4G sebagai backbone atau tulang punggung jaringan digital nasional.

"Kami di IOH akan terus mendorong pelanggan untuk memaksimalkan layanan 4G kami yang lebih unggul berkat adanya integrasi jaringan yang akan memperkuat jangkauan sinyal termasuk di dalam ruangan, untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup digital mereka," kata Steve.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/15/140100165/sinyal-3g-dimatikan-bertahap-ini-daerah-yang-sudah-dan-akan-dimatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke