Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemendikbud Ristek Tunda Pengumuman Hasil Sanggah CPNS 2021, Ini Jadwal Terbarunya!

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menunda pengumuman hasil sanggah penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

Sedianya, Kemendikbud Ristek akan mengumumkan apakah menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan peserta pada 4-6 Januari 2022.

Namun, melalui Surat Pengumuman Nomor: 3185/A.A3/KP.01.00/2022 yang diunggah pada laman cpns.kemdikbud.go.id, Kemendikbud Ristek merevisi tanggal pengumuman hasil sanggah menjadi 9-11 Januari 2022.

Mundurnya pengumuman hasil sanggah CPNS 2021 Kemendikbud Ristek juga membuat tahap berikutnya, yakni pengisian daftar riwayat hidup (DRH) ikut tertunda.

Pengisian DRH seharusnya dilakukan pada 7-21 Januari 2022, kini bergeser menjadi 12-26 Januari 2022.

"Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dalam proses pelaksanaan seleksi ini," ujar Sekretaris Jenderal selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemendikbud Ristek 2021 Suharti dalam suratnya, Jumat (7/1/2022).

Tahap pemberkasan

Peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir CPNS 2021 Kemendikbud Ristek diminta mengisi DRH dan menyampaikan kelengkapan dokumen secara elektronik melalui akun masing-masing peserta pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

Kelengkapan dokumen yang harus diunggah peserta adalah sebagai berikut:

Apabila sampai batas waktu yang ditentukan peserta yang dinyatakan lulus dalam tahap akhir seleksi CPNS Kemendikbud Ristek tidak dapat memenuhi/melengkapi kelengkapan dokumen, maka yang bersangkutan dianggap tidak memenuhi syarat.

Kemudian, jika peserta memilih untuk mengundurkan diri, maka wajib membuat dan mengunggah surat pengunduran diri yang ditandatangani sendiri oleh peserta di atas meterai, sehingga kebutuhan jabatan yang bersangkutan dapat diisi/diganti dari peserta urutan berikutnya sepanjang memenuhi ketentuan.

Peserta pengganti akan diumumkan melalui laman https://cpns.kemdikbud.go.id.

Dalam hal peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi CPNS 2021 Kemendikbud Ristek dan sudah mendapatkan persetujuan Nomor Induk Pegawai (NIP) kemudian mengundurkan diri, kepadanya diberikan sanksi tidak boleh melamar pada penerimaan Aparatus Sipil Negara (ASN) untuk satu periode berikutnya.

Kemendikbud Ristek mengimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan keharusan menyediakan sejumlah uang atau dalam bentuk apapun.

"Kelulusan pelamar ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar," tulis Kemendikbud Ristek dalam surat pengumuman bernomor 92313/A.A3/KP.01.00/2021 tentang Hasil Akhir Seleksi Penerimaan Calon PNS Kemendikbud Ristek Tahun 2021.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/08/113000065/kemendikbud-ristek-tunda-pengumuman-hasil-sanggah-cpns-2021-ini-jadwal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke