Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk, Kunjungi 4 Destinasi Wisata di Jabar yang Kini Bebas dari Zona Merah

Daerah Jabar berada di zona kuning atau risiko rendah, dengan skor 1,73 menurut data Bersatu Lawan Covid-10 periode 13-19 September 2021.

Aktivitas masyarakat mulai kembali normal meski protokol kesehatan dan vaksinasi jangan diabaikan.

Aktivitas yang mulai normal itu termasuk pariwisata. Ada sejumlah objek wisata di Jawa Barat yang mulai uji coba buka, mulai dari Taman Safari hingga Kawah Putih.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum
mengatakan, dari sejak awal, Jabar memang terus mengarah ke yang leebih baik terkait pandemi Covid-19. Kini Jabar sudah bebas dari zona merah dan oranye, Uu mengatakan itu adalah kabar gembira.

"Artinya (Covid-19) semakin sirna, termasuk sekarang berita gembira untuk Jabar. Sudah tidak zona berisiko tinggi, tatap muka sekolah bisa dilaksanakan, aktivitas masyarakat seperti sebelumnya, pemerintah senang karena ketaatan masyarakat," kata Uu kepada Kompas.com via sambungan audi call WhatsApp, Sabtu (25/9/2021).

Uu mengatakan bahwa bebasnya Jabar dari zona merah dan oranye Covid-19 membuktikan kuatnya kebersamaan pemerintah dan masyarakat.

"Kalau sudah begini, yang nikmat dan senang masyarakat, perusahaan beroperasi lagi, mulai jasa kuliner hingga pariwisata dan perhotelan," kata Uu.

Namun demikian, Uu mengimbau masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dan divaksinasi. Semakin banyak vaksinasi dan kepatuhan protokol kesehatan, maka kondisi seperti ini akan semakin bertahan lama.

"Semakin banyak divaksin maka akan semakin lama kita bisa merasakan kebebasan. Vaksinasi harus dituntaskan 80 persen, protokol kesehatan jangan diabaikan. Kan keduanya tidak akan mengganggu aktivitas," kata Uu.

4 Destinasi wisata uji coba buka

Melansir Kompas.com, Selasa (21/9/2021), ada 4 destinasi wisata yang mulai uji coba buka menurut Menteri Pereknomian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Keempat destinasi wisata alam itu antara lain:

Taman Safari masuk objek wisata di Jabar yang mulai uji coba buka.

Banyak wahana yang bisa dijajal pengunjung selain bisa melihat langsung kehidupan satwa.

Sementara untuk tiket masuknya adalah antara Rp 180.000 hingga Rp 220.000 per orang.

Destinasi wisata The Lodge Maribaya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Babakan Gentong, Cibodas, lembang.

Pengunjung bisa mencoba glamping di obejk wisata ini. Sejumlah fasilitas lain tersedia, mulai dari tenda permanen, water heater, kasur, hingga perlengkapan mandi.

Ada fasilitas untuk spot foto juga di lokasi ini, yakni balon udara.

Untuk bisa berlibur di Lodge Maribaya, pengunjung harus bayar tiket antara Rp 20.000 hingga Rp 35.000 per orang. Sementara biaya glamping adalah Rp 600.000 per malam.

Objek wisata ini menawarkan panorama alam yang indah dan sejuk. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati beragam wajana dan spot foto.

Lokasinya berada di Jalan Ciwidey-Patengan, Situ Patengan, Rancabali, Bandung.

Untuk masuk ke Glamping Lakside Rancabali, wisatawan cukup membayar tiket Rp 25.000 per orang. Sementara tarif sewa kamar glamping adalah mulai Rp 1,8 juta per malam.

Ada alternatif lain selain glamping untuk menginap. Wisatawan juga bisa menikmati camping dengan menyewa tenda mulai Rp 25.000 sampai Rp 100.000.

Kawah putih di Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Bandung, sudah kembali dibuka untuk uji coba.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Banyak spot foto menarik juga bisa dijumpai.

Untuk masuk ke Kawah Putih, pengunjung membayar tiket Rp 27.000 per orang. Sementara tiket parkir motor Rp 6.000 dan mobil Rp 11.000. (Sumber: Kompas.com/ Penulis: Kristin Septiyani | Editor: Anggara Wikan Prasetya)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/25/113821365/yuk-kunjungi-4-destinasi-wisata-di-jabar-yang-kini-bebas-dari-zona-merah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke