Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Zoom Bakal Hadirkan Fitur Terjemahan 12 Bahasa, seperti Apa Bocorannya?

KOMPAS.com - Zoom memperkenalkan berbagai fitur baru untuk membuat rapat video lebih produktif dan membantu budaya kerja hybrid dan jarak jauh.

Hal tersebut diungkapkan dalam konferensi Zoomtopia tahunan.

Diberitakan Gadgets NDTV, Kamis (14/9/2021), Zoom mengumumkan bahwa mereka akan segera menambahkan transkripsi dan terjemahan multi-bahasa real-time untuk panggilan Zoom.

Fitur baru terjemahan real-time akan membantu mengurangi hambatan bahasa selama panggilan video.

Zoom akan menggunakan algoritma yang didukung kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) untuk mentranskripsikan apa yang dikatakan pembicara ke dalam teks.

Zoom direncakan bakal memperluas transkripsi otomatis ke 30 bahasa dan menambahkan terjemahan langsung ke 12 bahasa di tahun depan.

Pengumuman akan adanya fitur baru ini dilakukan setelah Zoom mengakuisisi perusahaan terjemahan bernama Kites. Zoom membeli startup Jerman pada Juni dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Mengutip Cnet, 13 September 2021, eksekutif Zoom mengatakan, Zoom akan menggunakan machine learning dan pemrosesan bahasa alami untuk terlebih dahulu menyalin bahasa lisan, kemudian setiap peserta akan dapat menerjemahkan ke bahasa mereka sendiri.

Versi beta akan tersedia pada bulan ini, dan fitur tersebut akan tersedia secara umum pada akhir tahun.

Daftar bahasa belum final, akan ada 30 transkripsi dan 12 opsi terjemahan pada akhir 2022.

Dalam konferensi itu juga diumumkan sejumlah fitur baru lainnya, salah satunya Zoom Whiteboard.

Pada dasarnya itu adalah kanvas digital yang memungkinkan karyawan jarak jauh dan di kantor untuk berinteraksi melalui papan tulis virtual.

Dengan Zoom Whiteboard peserta rapat dapat menulis di papan tulis digital baik dari desktop atau tablet.

Selain itu ada fitur Galeri Cerdas Zoom Rooms yang menampilkan beberapa umpan kamera dari pertemuan tatap muka hingga peserta jarak jauh.

Dengan fitur tersebut peserta dapat melihat semua orang dengan lebih baik. Nantinya akan diperbarui umpan video individu dari peserta tatap muka.

Kemudian ada fitur hot-desking yang akan membantu karyawan memesan meja dan ruang lain di kantor mereka dengan peta interaktif.

Zoom juga menambahkan Widget Zoom yang dapat dipasang di laptop atau layar desktop sehingga peserta dapat lebih mudah melihat jadwal rapat, melihat siapa yang ada dalam rapat sebelum bergabung, dan memungkinkan peserta mengirim pesan ke tuan rumah (host) jika terlambat.

Beberapa fitur baru seperti Galeri Cerdas merupakan peningkatan untuk Zoom versi gratis yang akan tersedia tahun depan.

Tetapi yang lainnya seperti layanan terjemahan akan memerlukan biaya tambahan, meskipun jumlahnya belum diumumkan.

Zoom dengan cepat menjadi layanan obrolan video pilihan jutaan orang selama pandemi untuk bekerja dan bersosialisasi.

Penambahan ini menandai cara lain perusahaan termasuk Zoom, Microsoft, dan Google untuk membantu orang-orang berpindah ke pekerjaan jarak jauh.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/16/205100965/siap-siap-zoom-bakal-hadirkan-fitur-terjemahan-12-bahasa-seperti-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke