Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral, Video Isi BBM di SPBU 'Speed 1' agar Takaran Sesuai dan Tak Keluar Angin, Benarkah?

KOMPAS.com - Sebuah video menampilkan petugas SPBU tengah memperagakan mengisi BBM melalui nozzle ke dalam ember dengan speed 1-3, viral di media sosial.

Video dibagikan oleh akun TikTok @masje.mj, Jumat (10/9/2021).

Dalam unggahan tersebut, terdengar suara seorang pria yang meminta petugas SPBU untuk mengisikan BBM ke ember melalui nozzle dengan speed 1-3.

Saat menggunakan speed 1, BBM yang keluar dari nozzle terlihat pelan. Pria itu kemudian meminta petugas SPBU untuk menggantinya ke speed 2.

BBM yang keluar pada speed 2 tampak lebih deras dari sebelumnya.

Lalu, pada speed 3, sesuai permintaan pria tersebut, BBM dari nozzle terlihat keluar dengan deras hingga nyaris memenuhi ember yang digunakan sebagai wadah.

"Kalau Isi BBM di SPBU, minta petugas memakai Speed 1. agar takaran sesuai dan tidak keluar angin. mitos atau fakta ??? #spbuviral #mitosataufakta," tulis keterangan video.

Penjelasan Pertamina

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading Putut Andriatno menyampaikan, mengisi BBM harus memakai speed 1 agar takaran sesuai adalah mitos belaka.

Saat mengisi BBM, memang benar ada 3 speed pada nozzle. Fungsinya untuk mengatur kecepatan BBM yang keluar.

Putut pun mengungkapkan, untuk speed 1 pada nozle merupakan paling lambat dan paling cepat, yakni speed 3.

Namun, ia menekankan, baik dengan speed 1, 2, maupun 3, tidak akan mempengaruhi volume BBM yang dibeli konsumen.

"Itu (speed) tidak mempengaruhi. Speed 1, 2, dan 3 itu kan hanya untuk pengaturan kecepatan, tapi itu tidak mempengaruhi terkait masalah volume," ujar dia kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (11/9/2021).

Perihal kecepatan tersebut, Putut memberikan contoh kasusnya.

Apabila BBM yang dibeli banyak, maka digunakan kecepatan tinggi supaya mempercepat proses pengisian dan konsumen tidak menunggu lama, begitu juga sebaliknya.

"Jadi misalkan ada konsumen ngisinya banyak, misalnya 100 liter, kalau pakai speed 1 terus itu kan akan lama ya, kalau mengisinya banyak akan dipakai speed 3, yang kenceng dulu," ujar Putut.

"Terus nanti kalau tinggal sedikit, baru dipakai speed 1, jadi sama sekali tidak mempengaruhi takaran volumenya. Hanya mitos saja," imbuh dia.

Takaran dipastikan sesuai

Pada kesempatan ini, Putut juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu mengkhawatirkan perihal takaran.

Pihaknya telah melakukan serangkaian pengetesan untuk memastikan bahwa akurasi volume yang keluar akan sama antara speed 1,2, maupun 3.

"Jadi imbauan kita ke masyarakat enggak usah khawatir terkait takaran. Untuk standarisasi di nozzle itu juga tidak akan mempengaruhi volume, jadi enggak usah terpengaruh oleh mitos-mitos seperti ini," pungkasnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/11/143000265/viral-video-isi-bbm-di-spbu-speed-1-agar-takaran-sesuai-dan-tak-keluar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke