Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fakta Vaksinasi Gotong Royong yang Rencananya Dimulai 9 Mei 2021

KOMPAS.com – Program Vaksinasi Gotong Royong yang dilakukan pihak swasta direncanakan dapat dimulai pada tanggal 9 Mei 2021 mendatang. 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Investasi Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani berharap penyuntikan vaksin Covid-19 gotong royong bisa segera dilakukan sesuai yang diharapkan. 

Hal ini dia sampaikan dalam merespons kedatangan vaksin Sinopharm ke Indonesia pada Jumat (30/4/2021).

"Harapannya pada tanggal 9 Mei sudah bisa dimulai penyuntikannya," kata Rosan kepada Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Saat ini sejumlah skema vaksinasi untuk pelaksanaan program tersebut juga telah disiapkan, mulai dari jenis vaksin, proses distribusi, hingga perizinan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Berikut ini sejumlah fakta seputar program Vaksinasi Gotong Royong:

1. Vaksin yang digunakan

Dikutip dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, vaksin Gotong Royong dibedakan dari vaksin yang dipakai dalam program pemerintah.

Rencananya ada sejumlah vaksin yang akan dipakai dalam program Vaksin Gotong Royong yakni vaksin Sinopharm dari China dan vaksin Moderna dari AS.

”Vaksin (Sinopharm) itu untuk Vaksinasi Gotong Royong. Untuk sistem pembagiannya akan dikoordinasi oleh Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) dan PT Bio Farma,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi dikutip dari Kompas.id (1/5/2021).

Sementara itu dikutip dari Kompas.com (8/4/20210, Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, ada tiga jenis vaksin covid-19 yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong yaitu Sinopharm dari China, Sputnik V dari Rusia, dan CanSino dari China.

2. Stok vaksin

Vaksin Sinopharm

Mengenai ketersediaan vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong Indonesia telah menerima setidaknya 982.400 dosis vaksin Sinopharm.

Jumlah tersebut terdiri dari 482.400 dosis vaksin Sinopharm China National Pharmaceutical Group yang tiba pada Jumat (30/4/2021).

Kemudian diterima lagi 500.000 dosis dari Pemerintah Uni Emirat Arab yang tiba pada Sabtu (1/5/2021).

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir sebelumnya menyampaikan Sinopharm telah berkomitmen untuk menyediakan 15 juta dosis vaksin yang akan dikirimkan secara bertahap hingga akhir kuartal 2021.

Jumlah tersebut belum termasuk 15 juta dosis yang masuk sebagai opsi penyediaan vaksin.

Vaksin Moderna

Sementara itu untuk vaksin Moderna nantinya perusahaan tersebut berkomitmen menyediakan 5,2 juta dosis.

Ketersediaan dosis diprediksi akan dikirim mulai awal kuartal ketiga 2021.

3.  Fasilitas kesehatan yang digunakan

Vaksinasi gotong royong berbeda dengan vaksinasi nasional terkait tempat proses vaksinasi.

Pada vaksinasi gotong-royong pelaksanaan akan dilakukan pada fasilitas kesehatan swasta.

Meskipun berbeda dengan program pemerintah, seluruh pendataan perserta vaksinasi gotong royong akan diintegrasikan dengan data milik pemerintah sehingga tidak terjadi tumpah-tindih data penerima vaksin.

4. Peserta vaksinasi gotong royong

Sampai dengan 24 Maret 2021, sebanyak 17.387 perusahaan telah mendaftarkan 8,6 juta karyawan sebagai peserta program Vaksinasi Gotong Royong.

Sesuai dengan aturan, pelaksanaan vaksinasi gotong royong ini gratis tanpa dipungut biaya. 

Seluruh biaya dan program vaksinasi ditanggung oleh perusahaan. 

5. Direncanakan dimulai 9 Mei

Melansir Kompas.com 1 Mei 2021, Ketua Umum Kamar Dagang dan Investasi Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani berharap penyuntikan vaksin Sinopharm bisa dimulai pada 9 Mei 2021.

"Harapannya pada tanggal 9 Mei sudah bisa dimulai penyuntikannya," kata Rosan.

Adapun saat ini untuk vaksin Sinopharm tengah menunggu masukan harga dari Bio Farma dan juga proses halal dari MUI.

6. Izin darurat vaksin Sinopharm

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 Sinopharm.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, vaksin Sinopharm merupakan salah satu jenis vaksin yang akan digunakan untuk program vaksinasi gotong royong.

"Sudah diberikan EUA untuk vaksin produksi Beijing Bio Institut Biological Product, yang merupakan salah satu unit dari Sinopharm, yang merupakan anak perusahaan China National Biotech Group, Vaksin Sinopharm ini dengan platform inactivated virus atau virus yang dimatikan," kata Penny dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (30/4/2021).

(Sumber: Kompas.com/Haryanti Puspa Sari, Sania Mashabi | Editor : Bayu Galih, Kristian Erdianto) 

https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/03/124500065/6-fakta-vaksinasi-gotong-royong-yang-rencananya-dimulai-9-mei-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke