Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Baking Soda, Memutihkan Gigi dan Mengobati Gatal

Sama-sama digunakan untuk mengembangkan kue, baking soda dan baking powder adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan keduanya terletak pada senyawa komposisinya.

Baking soda terbuat dari zat sodium (Na) bikarbonat. Ketika soda kue bercampur dengan dengan zat asam seperti mentega, gula merah dan cuka, soda kue akan melepaskan gelombang gas karbondioksida dan mengembangkan kue.

Sedangkan baking powder terbuat dari sodium bikarbonat plus zat asam monocalcium phospate serta sodium aluminum sulfate.

Baking soda atau soda kue sering digunakan untuk mengolah kudapan atau kue kukus dan panggang.

Namun, tak hanya itu saja kegunaan baking soda. Baking soda juga bermanfaat ganda, bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan atau membersihkan lingkungan rumah.

Berikut beberapa manfaat baking soda:

1. Menghilangkan bau kulkas

Seperti dilansir dari Kompas.com (08/11/2020), baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap kulkas.

Bau tak sedap dari kulkas bisa datang dari timbunan makanan yang disimpan di dalamnya. Terkadang, beberapa bahan makanan melahirkan aroma tak sedap ketika disimpan dalam udara dingin.

Nah untuk meminimalisir bau tak sedap ini, Anda bisa menggunakan baking soda. 

Caranya sederhana, cuku letakkan dua sendok baking soda ke dalam piring atau mangkuk kecil. Kemudian letakkan mangkuk di dalam rak kulkas, biarkan ia menyerap bau tak sedap yang ada.

2. Menghilangkan bau sepatu

Baking soda juga bisa mengurangi bau apek pada sepatu. Bau apek dari sepatu ini bisa muncul akibat keringat kaki yang bercampur dengan bakteri. 

Untuk mengurangi baunya, Anda bisa menaburkan sejumput baking soda ke dalam sepatu. Kocok-kocok sepatu agar baking soda bisa merata dan menyerap bau tak sedap di dalamnya.

3. Bahan obat kumur

Seperti dilansir Healthline, baking soda bisa digunakan sebagai obat kumur. Baking soda efektif digunakan membersihkan rongga mulut karena mengandung antibakteri.

Karena bisa membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut, baking soda bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan napas.

Cara penggunaannya, campurkan 2 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakanlah untuk berkumur.

4. Memutihkan gigi

Masih untuk penggunaan di seputar rongga mulut, baking soda juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. 

Beberapa pasta gigi menambahkan baking soda ke dalam komposisi bahannya karena baking soda memang sudah terbukti menghilangkan plak-plak gigi.

Antibakteri di dalam baking soda bisa melawan bakteri yang merusak gigi. Baking soda juga punya kemampuan membongkar molekul dari lapisan plak pada gigi.

5. Deodoran

Beberapa penelitian membuktikan bahwa baking soda bisa pula digunakan sebagai deodoran. 

Keringat akan berbau tak enak jika ia bercampur dengan bakteri yang mengendap di ketiak Anda. Bakteri yang ada, memecah keringat menjadi zat asam yang mengeluarkan bau.

Nah antibakteri dalam baking soda, ampuh digunakan mengusir bakteri yang ada pada ketiak Anda.

6. Mengobati gatal

Baking soda bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah. 

Jika kulit Anda gatal-gatal, segera buat campuran dari baking soda dan air hangat. Gunakan air untuk berendam atau untuk mengompres kulit yang gatal.

Jika malas berendam, buat saja pasta dari campuran baking soda dan sedikit air hangat. Oleskan pasta ini ke permukaan kulit yang gatal-gatal. Diamkan beberapa saat baru basuh hingga bersih.

7. Memutihkan pakaian

Kandungan dalam baking soda bisa melunturkan noda pada pakaian. Ketika dilarutkan dalam air, baking soda akan berinteraksi dengan asam dari noda dan membuat noda lepas dari serat-serat kain.

Cara penggunaannya, campurkan 1/2 cangkir kecil ke dalam larutan perendam pakaian. Karena baking soda bisa melembutkan kain, Anda sebaiknya mengurangi takaran deterjen yang ada.

8. Membersihkan peralatan dapur  

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan beragam peralatan dapur seperti oven, peralatan kopi, lantai dapur, microwave, kompor, dan lain sebagainya.

Selain bisa membersihkan permukaan alat dapur dari residu minyak dan bahan-bahan dapur lain, baking soda juga bisa mengurangi bau tak sedap sisa proses memasak.

Untuk membersihkan alat dapur, buatlah pasta dengan mencampur baking soda dan sedikit air. Kemudian gosokkan ke lantai dapur atau permukaan oven dengan perlahan.

Menilik kegunaan baking soda yang begitu banyak ini, tak ada salahnya jika Anda selalu memiliki stok baking soda di dalam dapur Anda. 

Letakkan baking soda di dalam toples yang tertutup rapat agar tak tercemar bahan-bahan yang tak diinginkan.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/26/101500565/manfaat-baking-soda-memutihkan-gigi-dan-mengobati-gatal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke