Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Malam Ini Akan Ada Fenomena Bulan Purnama Salju, Apa Itu?

KOMPAS.com – Sebuah unggahan video yang menyebut bahwa malam ini akan terjadi fenomena Super Snow Moon atau Bulan Purnama Salju viral di media sosial TikTok.

Postingan tersebut dibagikan oleh sebuah akun TikTok dengan id @carloshavio

“Jangan lupa stay tune malam ini,” tulisnya dalam keterangan unggahannya. 

Tak lupa dia juga menjelaskan mengenai fenomena terjadinya Bulan Purnama Salju dalam narasi berikut ini: 

“Guys, buat kita semua siap-siap. Karna malam ini akan ada fenomena Bulan Purnama Salju. Tercatat, tiga hari dari Kamis hingga Minggu ini masyaraat Indonesia bisa menyaksikan Bulan Purnama Salju. Diprediksi bulan purnama ini akan terlihat penuh di antara pukul 18.30 atau jan setengah 7 malam waktu setempat dari arah timur-timur laut. Dinamakan Bulan Purnama Salju karena warnanya yang putih seperti salju jika dilihat dari permukaan bumi. Jadi buat kita semua jangan lupa stay tune malam ini,” ujarnya.

“Secara astronomi itu hanya penyebutan saja,” ujar Sungging saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Adapun mengenai penamaan Super Snow Moon atau Bulan Purnama Salju tersebut menurut Sungging berdasarkan tradisi yang ada di negara-negara barat.

"Tradisi di negara barat saja (disebut Super Snow Moon atau Bulan Purnama Salju), karena yang pasti kan, di negara kita tidak ada salju," jelasnya. 

Fenomena Bulan Purnama Salju akan terjadi pada tanggal 27 Februari pukul 15.17 WIB dengan jarak 370,595 km dari Bumi dan terletak di konstelasi Leo.

Kondisi cuaca

Adapun dikutip dari USA Today, selama ribuan tahun, orang-orang di seluruh dunia termasuk penduduk asli Amerika terbiasa memberikan penamaan bulan sesuai dengan penunjuk alam.

Pada Bulan Februari di Amerika, rata-rata menjadi saat paling bersalju di mana hujan salju lebat turun, sehingga bulan purnama yang muncul disebut Bulan Purnama Salju.

The Old Farmer’s Almanac sebagaimana dikutip dari USA Today mengatakan selain disebut sebagai Bulan Purnama Salju, saat Februari bulan disebut juga dengan Bulan Kelaparan.

Hal ini disebabkan akibat kondisi cuaca yang ekstrim membuat perburuan pada jaman dahulu sulit dilakukan.

Adapun penamaan Bulan Salju mengikuti penamaan di mana pada Januari disebut dengan Bulan Serigala, dan pada bulan Maret disebut dengan Bulan Cacing.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/26/133000065/video-viral-malam-ini-akan-ada-fenomena-bulan-purnama-salju-apa-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke