Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral Pengerukan Kanal Air Banyak Isinya Sepeda, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan pengambilan bangkai sepeda di sebuah sungai atau kanal air, menjadi viral di media sosial TikTok.

Dalam video yang diunggah oleh akun @domenicmango, bangkai-bangkai sepeda tengah diambil dari sebuah kanal air yang disebut berada di Amsterdam.

Selain itu, video ini juga direspons oleh para pengguna TikTok hingga ribuan komentar.

Ribuan bangkai sepeda

Bangkai-bangkai sepeda yang memenuhi kanal sebenarnya adalah hal yang biasa di Amsterdam, Belanda.

Melansir The Culture Trip, setidaknya 78 persen penduduk Amsterdam memiliki satu sepeda. Bahkan, disebutkan bahwa jumlah total sepeda di kota tersebut lebih banyak dari jumlah penduduknya.

Diperkirakan ada 881.000 sepeda di Amsterdam. Padahal jumlah penduduk tetap adalah sekitar 851.573.

Meskipun statistik ini tidak dapat dibuktikan secara pasti, perbandingan tersebut dinilai cukup akurat dengan banyaknya angka pesepeda yang melewati kota setiap harinya.

Amsterdam sendiri memiliki karakteristik geografis yang datar dan cocok untuk bersepeda. Namun, kanal-kanal di kota tersebut dapat menjadi masalah bagi para pesepeda.

Meski para penduduk berusaha menjaga sepedanya dengan baik, ribuan sepeda dilaporkan jatuh ke kanal kota setiap tahunnya.

Panjangnya kanal di Amsterdam membuat orang-orang seringkali memarkir sepedanya dengan jarak sangat dekat di pinggir kanal.

Sepeda-sepeda tersebut dapat jatuh secara tidak sengaja ke dalam air karena angin. Selain itu, juga akibat perbuatan-perbuatan manusia.

Menurut badan resmi kota untuk pengelolaan kanal air (WaterNet), sekitar 15.000 sepeda diambil dari kanal tersebut setiap tahunnya. 

Secara umum, diasumsikan bahwa besarnya angka ini disebabkan oleh aksi vandalisme dan tindakan kriminal dengan melemparkan sepeda orang lain ke dalam kanal sebagai hiburan.

Memancing sepeda

Melansir Dutchamsterdam, Amsterdam memiliki 165 kanal dengan kombinasi panjang 100 kilometer.

Dengan kondisi tersebut, probabilitas besarnya angka sepeda yang jatuh atau dibuang ke kanal adalah hal yang wajar.

Pemerintah Amsterdam pun secara teratur melakukan "pengerukan" atau pengangkatan sepeda-sepeda ini untuk menjaga kanal tetap bersih, aman, dan aksesibel.

Wilayah memiliki tim ahli tersendiri yang secara teratur akan melakukan pengangkatan tersebut.

Tim ini dilengkapi dengan kapal dan alat pengeruk yang besar untuk dengan mudah mengambil sepeda dari dalam kanal-kanal di Amsterdam.

Meskipun sejumlah sepeda yang dikeruk tersebut masih terlihat bisa digunakan, tetapi semua sepeda yang diangkat akan berakhir hanya sebagai tumpukan besi tua. 

Para pekerja pengeruk juga terkadang menemukan barang-barang lain, mulai dari lemari es hingga brankas.

Akan tetapi, sepeda adalah objek utama yang ditemukan dari pengerukan tersebut.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/18/080000665/video-viral-pengerukan-kanal-air-banyak-isinya-sepeda-kok-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke