Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[HOAKS] Minum Kopi 3 Kali Sehari Sembuhkan Covid-19

KOMPAS.com - Beredar kabar di media sosial bahwa minum kopi tiga kali sehari dapat menyembuhkan pasien Covid-19, berdasarkan penelitian dokter Li Wenliang.

Kopi disebut manjur menangkal Covid-19 karena kopi mengandung Methylxanthine, Theobromine dan, Theophylline.

Berdasarkan penelusuran pada penelitian nutrisi makanan dan laman resmi WHO, informasi kopi dapat menyembuhkan pasien Covid-19 tidak benar. Sebab, hingga saat ini belum ada obat khusus untuk menyembuhkan pasien Covid-19. 

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Anwar Maulana pada Jumat (4/9/2020) mengabarkan bahwa minum kopi tiga kali sehari dapat menangkal Covid-19. Khasiat kopi itu merupakan usulan penelitian dokter asal China, Dr. Li Wenliang.

Menurut informasi di akun tersebut, kopi mengandung Methylxanthine, Theobromine dan, Theophylline yang mampu menangkal serangga dan hewan kimia lainnya.

Berikut cuplikan unggahan akun Anwar Maulana:

"Methylxanthine utama dalam COFFEE* adalah kafein stimulan. *Methylxanthines lain yang ditemukan dalam KOPI* adalah dua senyawa kimiawi yang serupa, *Theobromine dan Theophylline.* Tanaman KOPI menciptakan bahan kimia ini sebagai cara untuk menangkal serangga dan hewan lainnya. Siapa yang tahu bahwa semua solusi untuk virus ini adalah secangkir KOPI sederhana dan itulah alasan mengapa begitu banyak pasien di China disembuhkan."

Penjelasan Ilmiah

Dr Li Wenliang adalah salah satu dari sekelompok dokter di Wuhan, China, yang mengunggah peringatan di media sosial tentang penyebaran virus corona Desember 2019.

Berdasarkan artikel Kompas.com, Dr Li dituduh menyebarkan kabar burung tentang Covid-19.

Ia mendapatkan simpati karena informasi yang disampaikannya ternyata benar, tetapi tak direspons baik oleh otoritas berwenang.

Dia meninggal karena terinfeksi virus corona saat merawat pasiennya pada Februari 2020. 

Dikutip dari penelitian berjudul "Nootropics, Functional Foods, and Dietary Patterns for Prevention of Cognitive Decline", Methylxanthines, Theophylline, Theobromine, dan kafein ditemukan dalam berbagai konsentrasi pada kopi, coklat, dan teh.

Kafein adalah Methylxanthines utama dalam kopi. Methylxanthines memiliki tindakan vasodilatasi, anti-inflamasi dan imunomodulator. Kafein dan Methylxanthines mampu bertindak sebagai psikostimulan ringan.

Situs web informasi obat Drugs.com menyebut methylxanthines, theophylline, dan dyphylline digunakan dalam pengobatan obstruksi saluran udara yang disebabkan kondisi seperti asma, bronkitis kronis, atau emfisema.

Kafein yang ada pada kopi dan thebromine pada coklat juga methylxanthines. Tidak ada informasi bahwa methylxanthines dapat memerangi virus corona.

Badan kesehatan dunia WHO menyatakan sampai saat ini tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati virus corona baru.

Berikut ringkasan manfaat minum kopi:

  • Mengandung mineral, vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, dan magnesium.
  • Membantu meningkatkan metabolisme di tubuh, termasuk membakar lemak.
  • Meningkatkan stamina.
  • Meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat dan suasana hati.
  • Menambah energi.
  • Menurunkan risiko munculnya diabetes.
  • Mencegah demensia dan penyakit Alzheimer.
  • Menekan risiko munculnya penyakit Parkinson.
  • Menurunkan risiko terjadinya sirosis hati.
  • Membuat lebih bahagia.
  • Menekan risiko kanker hati.
  • Menurunkan risiko stroke. 
  • Memperpanjang umur.
  • Mencegah penyakit.
  • Baik untuk jantung.

Namun, perlu diwaspadai risiko serta efek samping bila terlalu banyak minum kopi. Efek samping berupa gangguan kecemasan, insomnia, gangguan pencernaan, kecanduan kafein, dan peningkatan tekanan darah.

Selain itu, badan terasa lemas, pengurangan massa otot, jantung berdebar, dan sering buang air kecil.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, minum kopi sehari tiga kali dapat menyembuhan pasien Covid-19 tidak benar.

WHO menegaskan sampai sekarang belum ada obat spesifik untuk menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus corona baru.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/07/122900365/hoaks-minum-kopi-3-kali-sehari-sembuhkan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke