Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jumlah Nabi dan Rasul dalam Islam?

Kompas.com - 22/06/2023, 16:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Nabi adalah seseorang yang diwahyukan kepadanya syariat rasul sebelumnya dan diperintahkan untuk menyampaikannya.

Sedangkan rasul adalah seseorang yang diwahyukan kepadanya syariat baru dan diperintahkan untuk menyampaikannya.

Nabi dan rasul adalah manusia pilihan Allah yang dikaruniai wahyu yang harus diimani oleh umat Islam.

Jumlah nabi dan rasul utusan Allah sangat banyak, tetapi tidak semuanya diceritakan dalam Al Quran.

Bagi umat Islam, jumlah nabi dan rasul yang wajib diketahui ada 25.

Lantas, berapa jumlah seluruh nabi dan rasul dalam Islam?

Baca juga: Mengapa Malaikat Jibril Membelah Dada Nabi Muhammad?

Jumlah nabi dan rasul

Para ulama berselisih pendapat mengenai jumlah nabi dan rasul secara keseluruhan karena memang tidak disebutkan dalam Al Quran.

Sumber yang menjadi rujukan mayoritas Muslim di dunia menyebut jumlah nabi seluruhnya ada 124.000.

Sedangkan jumlah seluruh rasul yang ada adalah 315, meski ada pula yang menyebut 314 atau 313.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Mardawiyah dari Abu Dzar, bahwa jumlah nabi mencapai 124.000 orang, sementara rasul berjumlah 315 orang.

Nabi Muhammad menyebut bahwa jumlah rasul sangat banyak, yakni 315.

"Dari Abu Dzar berkata, "Aku mendatangi Rasulullah saat beliau sedang berada di dalam masjid, beliau bersabda: Aku bertanya lagi, 'Siapa nabi yang pertama?' Beliau menjawab: 'Adam.' Aku bertanya lagi, 'Nabi yang bagaimanakah ia wahai Rasulullah?' Beliau menjawab: 'Seorang nabi yang diajak berbicara langsung oleh Allah.' Aku bertanya lagi, 'Berapa jumlah rasul yang diutus wahai Rasulullah?' Beliau menjawab: 'Tiga ratus lima belas, suatu jumlah yang sangat banyak." (HR Ahmad)

Baca juga: Apa Saja Mukjizat Nabi Ibrahim?

Sementara itu, hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari menyebut jumlah nabi sebanyak 124.000 dan rasul berjumlah 313 orang.

Hal sama juga dinyatakan oleh Syekh Ahmad Marzuqy dalam kitab Aqidah Al-Awwam, dan Syekh Nawawi bin Umar al-Jawi Al-Bantani dalam kitab Syarah Nur Al-Zhalam.

Syekh Al-Bajuri berpendapat bahwa jumlah nabi dan rasul tidak terbatas atau tidak membatasi jumlah dengan hitungan tertentu.

Keterangan Al-Bajuri bersumber pada Al Quran surat An-Nisa ayat 164 yang artinya berbunyi, "Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu dan para rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu."

Dari jumlah nabi dan rasul yang sangat banyak tersebut, umat Islam hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 nabi dan rasul yang nama-namanya disebutkan dalam Al Quran.

 

Referensi:

  • Ulum, AR Sohibul. (2022). Kitab Fikih Sehari-hari: 365 Pertanyaan Seputar Fikih untuk Semua Permasalahan dalam Keseharian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com