Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Selat Malaka

Kompas.com - 08/03/2023, 23:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Di antara Pulau Sumatera dan Semenanjung Malaya, terdapat perairan yang relatif sempit bernama Selat Malaka.

Dalam sejarah kemaritiman, Selat Malaka memiliki peranan yang sangat penting dalam perdagangan internasional.

Sejak awal Masehi, telah berkembang perdagangan internasional antara India dengan daratan Asia Timur atau Tenggara, yang melewati jalur laut Selat Malaka.

Alasan Selat Malaka menjadi ramai dan merupakan jalur penting bagi pelayaran dan perdagangan internasional tidak lepas dari karakteristiknya.

Bagaimana karakteristik Selat Malaka?

Baca juga: Mengapa Selat Malaka Dikenal Sebagai Jalur Sutra?

Karakteristik Selat Malaka

Selat Malaka terletak di Asia Tenggara, tepatnya berada dalam wilayah perairan Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sesuai Konvensi PBB tentang Hukum Laut yang mulai berlaku pada 1994, administrasi Selat Malaka, termasuk pemeliharaan alat bantu navigasi, menjadi tanggung jawab ketiga negara tersebut.

Selat Malaka membentang sepanjang 805 kilometer dengan lebar 65 kilometer di sisi selatan dan melebar di sisi utara sekitar 250 kilometer.

Berdasarkan Organisasi Hidrografi Internasional, batas-batas Selat Malaka yaitu:

  • Di sebelah barat, garis yang menghubungkan Pedropunt, titik paling utara Sumatera, dan Lem Voalan, ujung selatan Goh Puket di Thailand.
  • Di sebelah timur, sebuah garis yang menghubungkan Tanjung Piai di Malaysia dan Pulau Karimun Kecil di Provinsi Kepulauan Riau (Indonesia).
  • Di utara, pantai barat daya Semenanjung Melayu.
  • Di selatan, pesisir timur laut Sumatera hingga ke timur sampai Tanjung Kedabu dan Pulau Karimun Kecil di Provinsi Kepulauan Riau.

Baca juga: Kedudukan Selat Muria yang Menjadi Pelabuhan Kerajaan Demak

Letak Selat Malaka tersebut menghubungkan Laut Andaman (Samudra Hindia) dan Laut Cina Selatan (Samudera Pasifik).

Sebagai jalur pelayaran utama antara samudra Hindia dan Pasifik, peran Selat Malaka sebagai salah satu jalur pelayaran dan perdagangan laut terpenting di dunia pun menjadi kenyataan yang tidak terbantahkan.

Sejak zaman kuno hingga sekarang, Selat Malaka merupakan salah satu jalur perdagangan tersibuk di dunia yang menghubungkan orang Eropa, Timur Tengah dan Asia Selatan, dengan Asia Tenggara dan Asia Timur.

Bahkan Selat Malaka dikenal sebagai jalur sutra laut, karena jalurnya menghubungkan perdagangan antara Timur dan Barat, ataupun sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com