Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakikat Senam Aerobik

Kompas.com - 19/02/2022, 20:20 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Senam aerobik adalah suatu gerakan yang dilakukan secara terus-menerus di mana kebutuhan oksigen masih dapat dipenuhi dengan kecepatan menempuh waktu.

Intensitas latihan senam aerobik ditentukan oleh gerakan fisik.

Pada senam aerobic untuk mengawali dan mengakhiri senam dilakukan dengan gerak jalan di tempat.

Merunut sejarahnya, senam aerobik diperkenalkan oleh Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960-an.

Hakikat Senam Aerobik

Baca juga: Senam Aerobik: Sejarah dan Jenis-jenisnya

Pengertian Senam Aerobik

Ada beberapa pengertian menurut para tokoh senam aerobik. Menurut Dr.Kenneth Cooper, senam aerobik adalah kegiatan gerak badan yang memaksa tubuh memperbaiki sistemnya dan menuntut lebih banyak oksigen guna memperpanjang waktu.

Senam aerobic dapat meningkatkan denyut jantung dan memompa oksigen karena gerakannya yang teratur dan dengan konsep ritme musik.

Sementara hakikat senam aerobik menurut Jackie Sorensens adalah senam kebugaran atau kesehatan jasmani yang sangat lengkap karena meliputi latihan dan juga kegembiraan yang mengekspresikan semua perasaan dengan cara tertawa, bergoyang, menendang, melompat, meregang, jogging dan dikombinasikan dengan tarian rakyat, tarian tradisional dan tarian kontemporer.

Baca juga: Waktu dan Durasi yang Baik dalam Senam Aerobik

Melihat pengertian tersebut, yang tidak termasuk hakikat senam aerobik menurut jackie sorensens berikut ini adalah aktivitas yang terus-menerus.

Adapun menurut Federasi Senam Internasional (PIG), senam aerobik adalah kemampuan dalam melakukan gerakan secara kompleks dan kontinyu yang megikuti pola gerakan dengan intensitas tinggi.

Gerakannya terus menerus, menujukkan kekuatan, fleksibilitas, memanfaatkan tujuh langkah dasar dan memecahkan kesulitan unsur gerak secara sempurna.

Manfaat Senam Irama

Dikutip dari jurnal skripsi Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobik Low Impact dan Senam Body Language Terhadap Penurunan Berat Badan pada Kelompok Ibu-ibu Pemula di Karangasem Tahun 2012, berikut manfaat senam aerobik:

Baca juga: Manfaat Senam Aerobik

  • Dapat membakar lemak yang berlebihan di tubuh, menguatkan daya tahan jantung dan paru-paru, memperbaiki penampilan karena setiap gerakan yang dibuat untuk menguatkan, mengencangkan dan membentuk otot beberapa bagian tubuh tertentu antara lain pinggul, paha, pinggang, perut, dada, punggung, lengan, kaki, dll.
  • Jika berlatih dengan intensitas tinggi dapat merupakan suatu program penurunan berat badan.
  • Jika berlatih dengan ringan terutama bagi yang bertubuh langsing atau kurus maka akan meningkatkan nafsu makan.
  • Jika berlatih dengan berat akan menekan rasa lapar, karena darah banyak beredar didaerah otot yang aktif dan bukan di daerah perut.
  • Mencegah penyakit menyerang tubuh, karena sistem tubuh dalam keadaan baik, serta bisa menghilangkan kebiasaan buruk misalnya merokok.
  • Meningkatkan kelenturan, keseimbangan, koordinasi, kontrol tubuh, irama dan sanggup melakukan kegiatan-kegiatan olahraga lainnya.
  • Latihan yang ditentukan tercapainya denyut nadi 60-80 persen.

Baca juga: Jenis-jenis Senam Aerobik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com